H-4 Lebaran 2024: 5 Gunung Status Siaga, 17 Waspada, dan 46 Normal

Read Time:2 Minute, 5 Second

robbanipress.co.id, Jakarta Komando Nasional Energi dan Sumber Daya Mineral juga memantau dan memantau bencana geologi yang terjadi di seluruh Indonesia. Menghadapi kebutuhan tersebut, Badan Geologi di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah membentuk Tim Tanggap Darurat Bencana Geologi, yang seperti halnya gunung berapi, akan merespon dengan cepat setiap bencana geologi yang terjadi dan bersiaga selama 24 jam .

Ia mengatakan: “Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah membentuk Tim Tanggap Darurat Bencana Geologi untuk merespon dengan cepat setiap bencana yang terjadi dan akan bersiaga dalam waktu 24 jam, serta akan memperkuat pemantauan vulkanik secara cermat di beberapa gunung berapi aktif.” Kepala Kantor Komunikasi, Pelayanan Informasi Publik dan Kerjasama (CLIC) Kementerian ESDM di Jakarta, Minggu (7 April 2024).

Tim Tanggap Darurat Bencana Geologi selain melakukan pemantauan gunung berapi, memantau perkembangan longsor, menyebarluaskan informasi daerah rawan longsor, termasuk jalur pulang ke Pemerintah Daerah dan instansi terkait dapat mengakses di portal https://vsi.esdm. buka .id/portalmbg/#.

Berdasarkan pemantauan 4 hari (H-4) menjelang Idul Fitri 2024, 5 gunung terpantau berstatus ‘ALERT’, yaitu: Anak Krakatau, Ili Lewotolok, Marapi, Merapi, Semeru. Sedangkan gunung api (Awu, Banda. Api, Bromo, Dempo, Dukono, Gamalama, Ibu, Karangetang, Kerinci, Lewotobi LakiLaki, Lokon, Raung, Rinjani, Sangeangapi, Sinabung, Slamet, Soputan) terdapat 17 gunung berapi. nyatakan ‘PERINGATAN’.

Lalu terdapat 46 gunung berapi (Agung, Ambang, Anak Ranakah, Arjuno Welirang, Batur, Batutara, Bur Ni Telong, Ciremai, Colo, Dieng, Ebulobo, Egon, Galunggung, Gamkonora, Gede, Guntur, Ijen, Ile Werung, Ili Boleng) . , Inelika, Inierie, Iya, Kaba, Kelimutu, Kelud, Kie Besi, Lamongan, Lereboleng, Mahawu, Papandayan, Peut Sague, Raung, Rokatenda, Ruang, Salak, Seulawah Agam, Sirung, Sorikmarapi, Sumbing, Sundoro, Talang, Tambora, Tandikat, Tangkoko, Tangkuban Parahu, Wurlali) berstatus ‘NORMAL’.

“Seluruh masyarakat dapat mengikuti perkembangan seluruh aktivitas gunung berapi di Indonesia melalui aplikasi/website Magma Indonesia (www.vsi.esdm.go.id atau http://magma.esdm.go.id) dan jejaring sosial PVMBG (Facebook ), Twitter dan instagram pvmbg_), serta menggunakan portal mitigasi geohazard untuk melihat potensi bahaya di wilayah sekitar,” kata Agus.

Agus mengungkapkan, terkait bencana galian longsor, PVMBG mencontohkan ada dua kali pengerjaan galian longsor di Perumahan Permata Puri dan RT 8/RW 4, Jabungan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

“Pada tanggal 4 April 2024 terjadi bencana tanah longsor di Desa Temanggung, Desa Kuripan, Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah,” kata Agus.

Tim tanggap darurat juga mencatat gempa berkekuatan magnitudo 5,2 terjadi pada 6 April 2024 pukul 15:24:31 WIB di kedalaman 101 km. Gempa bumi dirasakan hingga Wamena dengan magnitudo II MMI, tidak ada laporan korban jiwa maupun kerusakan bangunan, pungkas Agus. (FS)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Ini Kunci Sukses BRI Borong 6 Penghargaan di PR Indonesia Awards 2024
Next post Yordania vs Indonesia U-23: Ke Perempat Final atau Angkat Koper?