Spesifikasi Kendaraan Taktis Oncilla 4×4 yang Dikirim Polandia untuk Ukraina

Read Time:1 Minute, 47 Second

JAKARTA – Spesifikasi kendaraan taktis Oncilla 4×4 menarik untuk dikaji karena perusahaan Polandia Mista telah menyelesaikan misi pembuatan dan pengiriman ratusan unit baru ke Ukraina. Armada tempur ini selanjutnya akan dikerahkan ke garis depan melawan Rusia.

Berdasarkan Army Guide, Selasa (3/12/2024), Oncilla 4×4 dioperasikan oleh satuan Garda Nasional Ukraina. Dari segi spesifikasi, kendaraan taktis Oncilla 4×4 dirancang untuk mengangkut pasukan militer bersenjata, memberikan dukungan tembakan tempur, kendaraan komando, patroli, ambulans, dan juga sebagai kompleks anti-tank bergerak dengan sistem anti-tank.

Sedangkan dimensi Oncilla 4×4 memiliki panjang 5,45 m, lebar 2,45 m, dan tinggi 2,3 m serta memiliki ground clearance 40 cm dengan bobot kotor sekitar 8800 kg.

Desain Oncilla 4×4 mengikuti skema otomotif dengan mesin terletak di bagian depan kendaraan. Pengemudi duduk di sebelah kiri, sedangkan komandan duduk di sebelah kanan. Jendela depan dan samping memberikan visibilitas yang baik untuk keduanya. Panel instrumen depan dirancang dengan mempertimbangkan persyaratan ergonomis paling modern. Di belakang komandan dan kursi pengemudi terdapat modul tempur.

Di bagian belakang kendaraan terdapat kompartemen penumpang untuk 6 orang tentara. Tentara dan penembak keluar/memasuki kendaraan melalui pintu belakang di dinding belakangnya. Terdapat bukaan keluar di atap kompartemen penumpang. Untuk menembakkan senjata pribadi dari dalam kendaraan, terdapat bukaan tembak di kedua sisi dan bagian belakang bodi.

Kendaraan taktis Oncilla 4×4 yang menakjubkan ini mampu beroperasi di segala kondisi dan situasi, baik di jaringan jalan baik maupun medan off-road. Oncilla 4×4 mampu melaju dengan kecepatan maksimum 120 km/jam di jalan raya dan jangkauan kerja 750 km.

Ia juga sangat lincah di perbukitan karena tenaga dan ground clearance-nya yang tinggi. Hal ini berkat dukungan dua pilihan mesin diesel yakni KM DEUTZ BF 4M 1013FC yang bertenaga maksimal 190,5 HP atau IVECO NEF 4 ENTC yang menghasilkan tenaga hingga 209,5 HP.

Awak dan penumpang juga dapat duduk dengan nyaman selama perjalanan karena Oncilla 4×4 dilengkapi dengan perlindungan maksimal. Badan kendaraan terbuat dari lapis baja kuat berkualitas tinggi yang memberikan perlindungan terhadap rudal balistik standar 7,62 x 51 mm. Dengan menggunakan lapisan pelindung tambahan, tingkat perlindungan dapat diperluas untuk melindungi terhadap peluru standar NATO 12,7 mm (STANAG-4269).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Kenang-Kenangan Astronaut Dikemas di Boeing Starliner untuk Uji Penerbangan Awak 
Next post Daftar Ban Aftermarket untuk Suzuki Burgman Street 125 EX