Google Rilis Android 15 Developer Preview 2, Ini Fitur-Fitur Barunya

Read Time:3 Minute, 13 Second

robbanipress.co.id, Jakarta Seperti yang telah kita ketahui, sistem operasi Android merupakan platform perangkat lunak yang dikembangkan oleh Google untuk digunakan pada perangkat seluler seperti ponsel pintar dan tablet.

Android 15 merupakan versi terbaru sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Google dan dirilis pada tahun 2023. Android 15 menawarkan serangkaian pembaruan dan fitur baru yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Android 15, yang disebut Vanilla Ice Cream, saat ini sedang dalam tahap awal pengembangan. Build pratinjau pengembang Android pertama kini dapat diakses oleh publik, khususnya pengguna ponsel Google Pixel terbaru. Namun perlu diingat bahwa versi ini masih penuh dengan bug dan kemungkinan crash sehingga tidak disarankan untuk penggunaan sehari-hari.

Salah satu fitur baru yang keren di Android 15 adalah persentase masa pakai baterai, yang memungkinkan pengguna memantau kesehatan baterai mereka dengan lebih akurat. Fitur ini sebelumnya tersedia di Android 14 QPR2 Beta 2 dan kini menjadi bagian dari Android 15.

Kurang dari sebulan yang lalu, Google resmi merilis Android 1 Developer Preview, dan kini Google memperkenalkan Android 15 Developer Preview yang dimana pada update kali ini terdapat banyak fitur baru yang sebelumnya tidak tersedia di Developer Preview 1.

Lantas, apa saja yang baru pada update kedua ini? Berikut hal penting yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir Digitaltrends.com, Jumat (22/3/2024).

Komunikasi satelit telah menjadi topik hangat sejak Apple meluncurkan seri iPhone 14.

Nah, untuk ponsel Android yang akhirnya meluncurkan fitur ini, Android 15 akan memastikan Anda bisa terhubung ke satelit.

Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, Android 15 akan menampilkan nama jaringan satelit Anda di pojok kiri atas dan ikon satelit di pojok kanan atas, serta pemberitahuan yang memberi tahu Anda bahwa Anda terhubung ke jaringan satelit.

Selain itu, Android 15 akan memberikan dukungan untuk aplikasi SMS/MMS dan aplikasi RCS yang ada untuk menggunakan komunikasi satelit, sehingga pengiriman dan penerimaan pesan menjadi lebih efisien karena Anda tidak akan menggunakan meteran atau koneksi Wi-Fi untuk melakukannya.

Di antara semua ponsel lipat yang tersedia saat ini, seperti Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Motorola Razr Plus, ini adalah salah satu karya terbesar Google untuk pembaruan Android 15 ini.

Seperti yang Anda ketahui ponsel ini memiliki layar kecil di bagian depan casing ponsel dan Anda dapat menggunakan aplikasi di layar kecil ini.

Android 15 kini memungkinkan pengembang dengan mudah menandai aplikasi mana yang dapat berjalan di layar beranda.

Seperti yang dijelaskan Google dalam siaran persnya: “Layar ini terlalu kecil untuk dianggap cocok untuk menjalankan aplikasi Android, namun aplikasi Anda dapat memilih untuk mendukungnya, sehingga tersedia di banyak lokasi.” Singkatnya, ini juga berarti pengalaman aplikasi yang lebih baik di layar eksternal. Sebagai seseorang yang menyukai ponsel lipat, Anda pasti senang melihatnya.

NFC bukanlah fitur ponsel cerdas yang paling keren untuk dibicarakan, namun ini penting, terutama jika Anda mengandalkan Google Wallet untuk pembayaran tanpa uang tunai.

Untuk ponsel dengan kemampuan NFC, Google mengklaim pada pembaruan kali ini interaksi NFC yang Anda lakukan di ponsel akan lebih lancar dari sebelumnya.

NFC sudah berfungsi dengan baik di ponsel Android, tetapi Anda sering membuang waktu menggunakan NFC ketika Anda harus mendekatkan ponsel ke pembaca NFC beberapa kali agar dapat berfungsi, dan di Android 15 hal itu tidak akan terjadi lagi berkat peningkatan responsivitas. saat membaca sistem NFC.

Berikut beberapa pembaruan Pratinjau Pengembang 2 Android 15:

Alat PDF Baru: Android 15 menambahkan lebih banyak alat ke API PDF, membuatnya lebih mudah untuk melihat file PDF yang dilindungi kata sandi, mencari, mengedit file, dll.

Peralihan Bahasa yang Lebih Baik: Android 15 meningkatkan fitur audio multibahasa yang hadir di Android 14. Secara khusus, fitur ini akan membantu menghindari kata-kata yang hilang.

Lebih banyak alat pengembang: Seperti yang diharapkan dari penguji pengembang awal, Android 15 DP 2 juga memiliki banyak alat pengembang. Hal ini mencakup API untuk membantu pengembang menjalankan aplikasi mereka, banyak informasi terbuka tentang cara aplikasi berjalan atau berapa banyak ruang yang mereka gunakan, dan banyak lagi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Ayah Meninggal Dunia, King Nassar Ungkap Kenangan Tak Terlupakan
Next post 403