Perkuat Program Internasionalisasi, Rektor USU Penuhi Undangan Universitas Ternama China YNU

Read Time:4 Minute, 1 Second

robbanipress.co.id – Tingkatkan Program Internasionalisasi Kampus, Pembina Universitas Sumatera Utara (USU) Prof. Murianto Amin, S.Sos, M.Si turut serta dalam seruan agar universitas-universitas di Tiongkok menjalin kerjasama akademik yang berlangsung pada 6-7 November 2023.

Kunjungan kerjasama ini juga bertujuan untuk menampilkan USU di kancah internasional, khususnya di negara dengan jumlah penduduk kurang lebih 1.411.750.000 jiwa pada tahun 2023.

Advisor Amerika Profesor Morianto Amin menjelaskan, rangkaian kunjungan ini merupakan kelanjutan dari kerja sama yang telah terjalin sebelumnya dengan HK Haibin Educational Group Co., Ltd. di China.

Dalam kunjungan balasan kali ini, Rektor Morianto mengunjungi Yantai Nanshan University (YNU) yang didirikan oleh Nanshan Holdings, Shandong Nanshan Aluminium Co., Ltd., produsen aluminium terbesar di China, dan Yantai University (YU), salah satu perusahaan terkemuka. di industri aluminium Tiongkok. Perguruan tinggi negeri tersebut diantaranya adalah kerjasama antara Peking University dan Tsinghua University pada tahun 1984.

Presiden USU dan delegasi pendamping juga melakukan pertemuan bisnis dengan HK Haibin Education Group Limited China yang memiliki jaringan kerja sama yang sangat luas dengan universitas-universitas di China, dan juga terus menjalin kemitraan dengan universitas-universitas ternama di Indonesia.

Dalam kunjungannya ke Kampus Yantai University Nanshan, Provinsi Shandong, China, Rektor Universitas menerima pimpinan universitas yang terdiri dari Profesor Dr. Yang Wanli (Presiden YNU), Profesor Xu Yuguo (Wakil Presiden), Profesor Tang Libo (Wakil Presiden dan Dekan) dan pejabat YNU lainnya.

Didirikan pada tahun 1988 oleh Nanshan Holdings, YNU adalah salah satu dari 500 perusahaan terbaik di Tiongkok, dengan 55 program sarjana, 69 departemen dan 12 sekolah dengan 30.000 mahasiswa sarjana dan 1.500 dosen.

Dengan luas lahan 228 hektar dan peralatan laboratorium senilai RMB 135 juta (Rs 289.920.600.000), YNU menjadi mitra strategis USU untuk menjalin kerja sama dan meningkatkan kapasitas akademik USU melalui berbagai kegiatan seperti kegiatan joint degree dan joint penelitian.

“Telah dicapai kesepakatan lisan antara The Ohio State University dan YNU untuk melakukan kemitraan global yaitu mendirikan program magister bersama, dan dosen-dosen YNU akan diundang untuk mengajar di YNU dan melakukan penelitian menggunakan fasilitas YNU,” kata Morianto Amin. dalam pernyataannya. . Sabtu, 11 November 2023.

Lebih lanjut, Morianto mengatakan USU dan YNU juga akan mempertemukan peneliti dan melakukan penelitian bersama yang diharapkan dapat menjadi center of excellence ilmu pengetahuan dan teknologi di kedua universitas dengan fokus pada teknologi maju seperti teknologi pengolahan aluminium. Mahasiswa YNU juga diundang untuk mengikuti International Summer Course di USU.

Rektor USU bersama Wakil Rektor Bidang Administrasi Properti dan Bisnis USU Dr. eh. Luhut Sihombing, Anggota DPR, Direktur Internasionalisasi dan Kemitraan Global, Prof. Eng. Himsar Ambarita, ST, MT dan Direktur Digitalisasi dan Integrasi Sistem, Dr. Emerson Pascasarjana Sinulingga, ST, M.Si.

Selanjutnya mengunjungi dan melihat lebih dekat fasilitas teknologi pengolahan aluminium terbesar di China milik Shandong Nanshan Aluminium Co., Ltd. (Nanshan Group) yang akan membangun tambang pengolahan bauksit di kawasan Bintan dengan nilai investasi sebesar 5 miliar dollar AS (sekitar Rp 54,9 triliun).

“Melalui kunjungan ini, kami berharap dapat terjalin kerja sama sehingga USU memiliki kapasitas penelitian yang kuat, atmosfir akademik yang kuat dengan teknologi terapan untuk industri yang pada akhirnya akan menghasilkan lulusan yang siap bekerja di industri, termasuk industri yang hasilnya. investasi,” kata Profesor Mori. Modal eksternal agar “transfer teknologi kepada bangsa Indonesia” dapat tercapai.

Rangkaian kunjungan kerja Rektor Amerika ke Tiongkok kemudian dilanjutkan dengan pertemuan di Universitas Yantai yang berlokasi di Yantai, Provinsi Shandong, Tiongkok, dimana beliau menerima Pemimpin Tertinggi Universitas tersebut, Profesor Song Zhongmin, Mr. Wu Hongjun dan seluruh anggota lainnya. dari Universitas. Pemimpin.

Yarmouk University sendiri ingin mengembangkan kerja sama dengan universitas-universitas ASEAN, dan sudah menjalin kerja sama dengan Malaysia, Thailand, dan Filipina namun belum menjalin kerja sama dengan universitas asal Indonesia. Sehingga YU tertarik untuk menjalin kerja sama dengan USU sebagai partner pertama di Indonesia.

Profesor Murray menjelaskan, setelah diskusi yang sangat panjang, bahwa banyak dari proposal kerja sama yang akan dilaksanakan antara lain program mobilitas fakultas internasional, pembuatan kurikulum pascasarjana umum, ujian bagi dosen di Universitas Yarmouk untuk melanjutkan studi doktoral di The Ohio State University dan pelaksanaan kursus musim panas internasional. Di Universitas Negeri California.

Rektor optimis dengan dukungan HK Haibin Education Group Co., Ltd. di Tiongkok, kunjungan bersama ini akan menghasilkan kerja sama yang saling menguntungkan bagi USU dan universitas di Tiongkok.

Haibin Education Group sendiri telah mendirikan pusat pendidikan mandiri di Bali untuk memberikan layanan belajar ke luar negeri yang lebih nyaman bagi pelajar, khususnya pelajar asal Tiongkok.

Kerjasama yang terjalin dengan USC diharapkan juga dapat mendorong pertukaran budaya dan pendidikan antara Tiongkok dan Indonesia, khususnya mendorong proses internasionalisasi USC untuk memperoleh keunggulan akademik yang diperlukan untuk mencapai bonus demografi Indonesia, menuju Indonesia Emas 2045.

Baca artikel edukasi menarik lainnya di link ini. Semakin banyak WNI yang menjadi korban penipuan pengantin pesanan di Tiongkok, dan KBRI mengungkap caranya KBRI Beijing menghimbau WNI untuk mewaspadai kasus penipuan pengantin pesanan yang ditemukan di Tiongkok. robbanipress.co.id.co.id 1 Mei 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Jasa Raharja: Mudik Gratis BUMN untuk Bus Baru Terisi 30 persen
Next post Honda Stylo 160 Sudah Ada di Diler, Segini Harganya