Ramai Dibahas di Debat Cawapres, Mobil Listrik Tesla Pakai Baterai Nikel atau LFP?

0 0
Read Time:1 Minute, 31 Second

JAKARTA, 22 Januari 2024 – Pada debat calon wakil presiden 2024 yang digelar Minggu pekan lalu, salah satu topik hangat adalah baterai milik produsen mobil listrik Amerika Serikat, Tesla.

Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raqa, Calon Wakil Presiden Nomor Urut 1, Muhaimin Iskandar, tentang LFP atau dikenal dengan nama lithium ferrophosphate.

Menurut Gibran, Thomas Lembong yang tergabung dalam tim pemenangan Anis Baosedan dan Cac Imin kerap membahas LFP sebagai pengganti baterai kendaraan listrik berbasis nikel.

Tesla masih menggunakan nikel, kata Gibran.

Penelusuran robbanipress.co.id Otomotif di situs resmi Tesla mengungkapkan, perusahaan yang didirikan Elon Musk itu masih menggunakan nikel sebagai bahan baku produksi baterai kendaraan listriknya.

Berdasarkan Tesla Master Plan Part 3 yang dirilis tahun lalu, disebutkan bahwa Tesla akan terus menggunakan nikel di beberapa model mobil.

Jenis kendaraan yang disebutkan masih mengambil bahan galian bumi yang melimpah di Indonesia, mulai dari kendaraan niaga, sedan besar, SUV, truk hingga kendaraan niaga yang mengangkut barang jarak jauh.

Menurut laman Electrek, Elon Musk mengungkapkan kekhawatirannya terhadap ketersediaan nikel dalam jangka panjang pada tahun 2021, yang kemudian membuat Tesla mempertimbangkan LFP sebagai bahan baterai masa depan.

LFP bukanlah hal baru. Baterai ini tidak mahal dan bebas kobalt, menjadikannya alternatif yang menarik dibandingkan model Tesla yang lebih murah

Namun, rendahnya daya dan kepadatan energi LFP sejauh ini membatasi penggunaannya. Kabar baiknya, Elon yakin teknologi LFP telah berkembang pesat sehingga bisa digunakan untuk mobil Tesla.

Perubahan ini sudah dimulai. Gigafactory Shanghai telah memproduksi Model 3 Standard Range Plus dengan LFP sejak Oktober 2020 dan bahkan basis modelnya di Eropa dan negara lain. Pemkot selenggarakan game show Indonesia vs Irak di depan Balai Kota Solo. Apakah Gibran ikut serta? Pemerintah Kota Solo (Pemkot) akan menggelar acara penonton (nobar) pertandingan timnas U-23 Indonesia melawan timnas Irak pada laga perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 pada 2 Mei 2024. robbanipress.co.id.co.id

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %