Akomodir Pelari Tunanetra, Arutmin Borneo Run Pecahkan Rekor MURI

Read Time:1 Minute, 25 Second

robbanipress.co.id, Jakarta- Arutmin Borneo Run berhasil mendapatkan dua rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) karena sukses menjalankan Kalimantan Run. Salah satu rekornya adalah memperbolehkan pelari tunanetra mengikuti kompetisi lari jarak jauh.

Penghargaan Rekor MURI pertama kali diberikan pada Senin (25/03/2024) kepada Arutmin atas prestasinya sebagai perusahaan tambang penyelenggara kompetisi terpopuler di Indonesia. Total, Arutmin Borneo Run diselenggarakan sebanyak 15 kali sejak tahun 2006 hingga 2023.

Keberhasilan ini menegaskan keinginan perusahaan untuk mengedepankan gaya hidup sehat dan aktif di masyarakat.

Arutmin Borneo Run juga memegang rekor sebagai lomba lari pertama yang melibatkan peserta tuna netra. Salah satu pelari tunanetra ikut serta dan finis di edisi 2023 yakni Amelia Neelam Tiara.

Meski memiliki keterbatasan, Arutmin, atlet Paralimpiade asal Kalimantan Timur, mampu menyelesaikan lomba lari 5 km di Borneo Run 2023 dalam waktu 30 menit 51 detik.

“Pihak kampus menawariku untuk mengikuti Arutmin Borneo Run. Akhirnya aku mendaftar dan selesai. Aku sampai kehabisan nafas tapi selamat. Ini pertama kalinya aku lari jarak jauh, biasanya 100m dan 200m, jadi aku putuskan untuk ikut Arutmin Borneo Run ,” kata Amel.

Perjalanan Arutmin Borneo juga akan terus berlanjut. Bahkan, menjadi lebih baik lagi setelah mendapatkan dua postingan MURI tersebut.

“Kami sangat tersanjung atas penghargaan ini, dan komitmen kami untuk terus meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat melalui ajang olahraga tetap menjadi prioritas.” ujar Ido Hutabarat selaku CEO PT Arutmin Indonesia.

Arutmin Borneo Run 2024 rencananya akan berlangsung pada 3 November di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. “Tim sedang mempersiapkan banyak hal menarik untuk meningkatkan kualitas kompetisi yang semakin baik setiap tahunnya,” lanjut Ido.

Komisi belum membuka pendaftaran angkatan 2024. Namun jika mengacu pada edisi 2023, ABR boleh mempertandingkan tiga kategori yakni nomor 5 km, 10 km, dan half marathon atau 21 km.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Celana Apa yang Cocok untuk Pinggul Besar? Jangan Sampai Salah Pilih!
Next post Polisi Periksa Guru atas Kasus Perundungan Binus BSD Serpong