Sederhana Tapi Penting, Perlengkapan Ini Harus Ada di Mobil Sebelum Tempuh Arus Balik

0 0
Read Time:1 Minute, 3 Second

robbanipress.co.id, JAKARTA — Sudah mulai bersiap mudik usai lebaran di kampung halaman? Ketua Umum Persatuan Bengkel Kendaraan Bermotor Indonesia (PBOIN), Hermas E. Prabowo mengingatkan, banyak peralatan yang harus disediakan di dalam kendaraan sebelum mudik Lebaran 2024.

JAKARTA, Saat dihubungi Antara, Minggu, Hermas menyatakan kendaraan perlu menyiapkan perlengkapan bantu seperti dongkrak, kunci roda, dan ban serep. Sebab, perannya sangat penting dalam mengantisipasi kejadian serius pada kondisi lalu lintas padat saat arus balik.

Kunci roda, dongkrak, ban serep, ini penting untuk menilai apakah ban bocor selama perjalanan, ujarnya.

Pembuatan perangkat ini tidak hanya meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengendara dan keluarga tetapi juga membantu dalam keadaan darurat yang tidak diinginkan. Bahkan setelah diperiksa dengan cermat, kendaraan bisa saja mengalami masalah teknis di jalan, apalagi jika perjalanannya jauh.

Dengan menyiapkan alat-alat perawatan yang praktis, termasuk ban serep, tentu bisa mengantisipasi masalah teknis kecil tanpa harus menunggu bantuan. Selain itu, Hermas mengatakan, air mineral sebaiknya selalu disimpan di dalam mobil, apalagi jika akan bepergian jauh.

Meski sederhana, air mineral sangat penting untuk membantu kelancaran. Air mineral bisa digunakan untuk mengisi cairan wiper untuk mengatasi kekurangan atau bahkan kebocoran air radiator.

“Selalu sediakan air mineral untuk mencegah udara di jalan menjadi terlalu panas, atau untuk tanggap darurat cepat jika terjadi kebocoran radiator,” kata Hermas.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %