Sering Konsumsi Makanan Olahan Bisa Mempercepat Menstruasi Anak

0 0
Read Time:1 Minute, 40 Second

robbanipress.co.id, JAKARTA – Dokter spesialis kebidanan dan kandungan lulusan Universitas Indonesia, Dr. Devi Marisha Malik, SpOG, mengatakan diet yang satu adalah yang lebih banyak mengonsumsi makanan olahan dibandingkan makanan rumahan. Alasan mengapa anak perempuan mulai menstruasi lebih awal.

“Kenapa sekarang (menstruasi) lebih cepat? Orang tua harusnya ditanya pola makan anaknya, kalau diberi makan daging olahan 2-3 kali seminggu, maka tidak heran kalau menstruasinya akan lebih cepat,” kata Dēvi. diskusi kesehatan online Minggu (21/4/2024).

Devi mengatakan, pubertas dini bisa terjadi pada anak perempuan pada usia 7-10 tahun, dan pada anak laki-laki biasanya terjadi pada usia 11-12 tahun. Anak-anak yang mengikuti pola makan yang mengonsumsi lebih banyak makanan olahan atau minuman trendi dibandingkan makanan rumahan mungkin mengalami menstruasi lebih awal karena mengandung banyak gula.

Jika anak mulai pubertas lebih awal, orang tua juga harus mempertimbangkan pertumbuhan alat kelamin kedua, yang bertepatan dengan mulainya menstruasi. Seperti perkembangan payudara, bulu ketiak dan tinggi badan yang sesuai.

Selain fokus pada makanan, era digital dimana anak dapat dengan cepat mengakses informasi dari berbagai sumber seperti saat ini, dapat menyebabkan kurangnya konsentrasi sehingga berkontribusi terhadap pesatnya perkembangan hormonal pada anak.

“Sekarang di era gadget, mereka mempunyai akun media sosial yang menunjukkan bahwa kita tidak benar-benar memegang kendali, dan juga arus informasi yang mereka dapatkan semakin cepat dan semakin sedikit sehingga tidak membantu mereka fokus dan berkonsentrasi. alasannya,” kata Devi.

Devi mengatakan kebersihan juga harus dijaga agar anak yang sedang menstruasi tidak tertular berbagai penyakit kelamin di kemudian hari. Untuk mendorong anak bertanggung jawab terhadap kebersihan, Devi berpesan agar para ibu memberikan contoh kepada putrinya terkait kebersihan organ kewanitaan.

Contohnya seperti mencukur sebelum menstruasi atau mengganti celana dalam jika wanita merasa basah setelah banyak beraktivitas. Untuk mewariskan kesehatan seorang wanita kepada anak-anaknya, seorang ibu juga harus menjaga kesehatan seorang wanita.

Makanya hal-hal kecil akan meninggalkan kesan pada anak ketika dididik, mending mendapat pendidikan dari orang tua. Kita cari dulu ilmunya, bagaimana mendidik anak kalau ilmu kita saja tidak cukup, ujarnya. dia berkata.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %