Kecepatan 5G Samsung Galaxy S24 Lebih Kencang dari iPhone 15, Ini Teknologi di Baliknya!

0 0
Read Time:3 Minute, 11 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Ookla, pengembang aplikasi Speedtest untuk mengukur kecepatan Internet, telah menguji kecepatan 5G pada ponsel seri Samsung Galaxy S24 dan iPhone 15.

Perangkat yang diuji mencakup model Galaxy S24, S24+ dan S24 Ultra. Lalu ada iPhone 15, 15 Pro, dan 15 Pro Max.

Uji coba Ookla dilakukan mulai 1 Februari hingga 24 Maret 2024 di 15 negara di Asia Pasifik, Afrika dan Timur Tengah, Eropa, dan Amerika Utara.

Hasilnya, Samsung Galaxy S24 menjadi ponsel 5G tercepat di dunia dengan kecepatan unduh dan unggah di depan iPhone 15.

Samsung Galaxy S24 menjadi ponsel 5G dengan rata-rata kecepatan unduh tercepat sekitar 324,61 Mbps.

Kecepatan tersebut berhasil mengalahkan seluruh seri iPhone 15 dengan kecepatan download hanya 272,99 Mbps.

Lalu apa yang membuat kecepatan 5G Samsung Galaxy S24 lebih cepat dibandingkan iPhone 15? Ternyata rahasianya terletak pada teknologi modern.

Hasil positif pada seri 5G Galaxy S24 disebabkan oleh penggunaan modem yang lebih baru dibandingkan seri iPhone 15.

Galaxy S24 menggunakan modem Qualcomm X75 5G yang memiliki teknologi lebih matang dan penerimaan sinyal lebih sensitif sehingga menjadikan penerimaan 5G lebih cepat dibandingkan iPhone.

Sementara itu, seluruh seri iPhone 15 menggunakan modem X70 5G berteknologi lama, yang berarti ponsel tidak akan memiliki kecepatan unduh secepat Galaxy S24.

Dengan kemampuan 5G yang lebih baik, seri Samsung Galaxy S24 mampu memberikan koneksi yang lebih stabil. Ini dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kesenangan di mana saja.

Perlu diketahui, kecepatan 5G yang dicapai bergantung pada penyedia yang digunakan, lokasi dan waktu pengujian, serta penerimaan ponsel cerdas yang diuji.

Di sisi lain, seri Galaxy 23 FE baru diluncurkan Samsung pada Oktober tahun lalu. Namun menurut pemberitaan terkini, Samsung sudah mulai mempersiapkan penggantinya pada tahun ini.

Samsung dikabarkan berencana meluncurkan Galaxy S24 FE pada pertengahan tahun ini, demikian diberitakan media Korea Selatan, Sabtu (5/4/2024) mengutip GSM Arena.

Jika kabar ini benar, maka model Galaxy FE terbaru ini akan hadir lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya. Bahkan, varian FE ini juga akan tampil lebih kencang dibandingkan model dasarnya yakni Galaxy S24 yang akan diluncurkan pada Januari 2024.

Ketersediaan Galaxy S24 FE diketahui dari sumber rantai pasokan di Korea Selatan. Mereka dikatakan memproduksi beberapa komponen tampilan untuk seri Galaxy FE baru.

Produksi massal juga mulai mencapai jadwal rilis pertengahan 2024, dengan jutaan unit Galaxy S24 FE dikabarkan sudah siap.

Dengan angka tersebut, Samsung mungkin yakin perangkatnya akan sukses. Meski hanya sekedar bocoran, kemungkinan ponsel Samsung ini akan mengusung layar OLED dengan bezel lebih tipis.

Lebih lanjut, jika laporan tersebut benar, maka acara Galaxy Unpacked pada pertengahan Juli 2024 bisa jadi merupakan rilis pertama Galaxy S24 FE.

Kemungkinan besar, acara tersebut akan menjadi ajang perkenalan banyak produk baru. Pasalnya Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 juga akan dihadirkan pada acara tahunan ini.

Selain dua seri layar lipat terbarunya, Samsung juga diperkirakan akan memperkenalkan seri Galaxy Ring dan Galaxy Watch7.

FYI, seperti seri FE sebelumnya, Samsung selalu menghadirkan ponsel Android ini dengan performa andalan dan fitur ganda dengan harga terjangkau.

Seperti Galaxy S24 dan Galaxy S24 Plus, Galaxy S24 FE akan ditenagai chipset Exynos 2400 di sebagian besar negara, seperti dikutip Fonearena, Senin (3 April 2024).

Namun leaker @OreXda mengklaim Samsung akan merilis varian Galaxy S24 FE dengan chipset Snapdragon 8 Gen 3 di beberapa negara.

Rumor lain yang mengemuka belakangan ini mengenai Galaxy S24 FE adalah peningkatan RAM yang kini menjadi RAM 12 GB dibandingkan RAM 8 GB pada seri sebelumnya.

Sementara dari segi kapasitas memori internal, ponsel Android ini akan memiliki kapasitas 128 GB hingga 256 GB.

Meski belum diketahui secara pasti spesifikasi tampilan ponsel ini, namun diperkirakan ponsel Samsung ini akan menggunakan panel AMOLED.

Ponsel ini juga akan mempertahankan baterai Galaxy S23 FE berkapasitas 4.500mAh dan mendukung pengisian cepat 25W.

Tak jauh berbeda dengan S23 FE, pengguna akan melihat ponsel baru Samsung ini menggunakan bingkai aluminium sehingga terlihat modern dan menarik.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %