Menjadi Menantu Idaman, Ini Rahasia Membangun Hubungan Baik dengan Ibu Mertua

Read Time:3 Minute, 18 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Menjalin hubungan baik dengan ibu mertua menjadi salah satu kunci keluarga bahagia. Ibu mertua merupakan sosok perempuan yang membesarkan dan mendidik suaminya dengan penuh kasih sayang. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga hubungan harmonis dengannya.

Menjalin hubungan baik dengan ibu mertua memang tidak selalu mudah, meski banyak orang yang berhasil mengatasinya. Terkadang perbedaan pendapat dan harapan dapat menimbulkan perselisihan. Namun, dengan usaha dan komunikasi yang baik, Anda bisa membangun hubungan saling menghormati dan menyayangi. Tips membina hubungan dengan ibu mertua

Berikut beberapa tips membangun hubungan dekat dengan ibu mertua, mengutip Verywell Mind: Tunjukkan rasa hormat dan sopan santun. Sikap ini akan menunjukkan bahwa Anda menghormati ibu mertua dan ingin menjalin hubungan baik dengannya. Temukan kesamaan dengan ibu mertua Anda. Jika Anda memiliki minat yang sama, berpartisipasilah dalam aktivitas bersama untuk membangun ikatan. Luangkan waktu untuk bertemu ibu mertua Anda. Jika tempat tinggal Anda jauh, buatlah janji bertemu, misalnya saat hari raya. Bantu ibu mertuamu saat dia membutuhkannya. Tawarkan bantuan untuk meringankan beban. Pujilah ibu mertua Anda atas usahanya. Pujilah Dia dengan tulus atas semua yang telah Dia lakukan untuk Anda dan keluarga Anda. Cobalah untuk memahami sudut pandang ibu mertua Anda. Jika dia kritis, anggap itu sebagai tanda kekhawatiran. Bersabarlah saat membangun hubungan dengan ibu mertua. Membangun hubungan yang baik membutuhkan waktu dan usaha.

Ph.D. “Jika ibu mertua Anda pada awalnya bersikap jauh atau kritis, cobalah memahami sudut pandangnya,” kata psikolog Amy E. Keller. “Mungkin dia selalu menjadi tokoh utama dalam kehidupan anak Anda diadopsi “Tidak ada seorang pun yang suka merasa terlantar, dikucilkan, atau ditinggalkan.”

Gaya hubungan yang Anda kembangkan di awal hubungan akan memengaruhi cara Anda mendekati hubungan dengan ibu mertua. Jika sejak awal Anda cenderung menghindar, Anda mungkin akan kesulitan untuk dekat secara emosional dengannya. Ini memengaruhi perilaku Anda dan respons emosional Anda terhadapnya.

Keluhan yang paling umum dari menantu perempuan sering kali melibatkan kritik dan nasihat yang tidak diminta dari ibu mertuanya. Penting untuk diingat bahwa saran-saran ini mungkin datang dari niat baik.

Keller bilang ibu mertuamu sangat mengenal putranya. “Jika dia mengkritik masakanmu, bersikaplah rendah hati. Mintalah juga saran atau resep kesukaan anaknya.”

Ungkapkan rasa syukur karena itu akan membuat Anda berdua lebih bahagia. Keller menambahkan, “Jika dia melontarkan sindiran pasif-agresif, jagalah kata-kata Anda.”

Namun, bukan berarti Anda tidak boleh membatasinya. Berkompromilah dengan ibu mertua Anda dan hormati prioritasnya bila memungkinkan, namun tetap penting untuk menetapkan batasan yang jelas. Tetapkan batasan dan kurangi tingkat stres Anda bila perlu.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Pakistan menemukan bahwa ibu mertua yang membantu mengasuh anak dapat membantu menurunkan tingkat depresi pada menantu perempuan. Tiga bulan setelah melahirkan, ketika ibu mertua memberikan sedikit banyak bantuan, menantu perempuan melaporkan tingkat depresi yang lebih rendah, bahkan ketika ada konflik keluarga.

Namun, 12 bulan setelah melahirkan, meski ibu mertua banyak memberikan bantuan, jika terjadi konflik dalam keluarga, maka depresi menantu perempuan akan semakin meningkat.

Terlihat bahwa komunikasi dan penyelesaian konflik yang baik sangat penting untuk menjalin hubungan yang baik antara ibu mertua dan menantu.

Berikut beberapa tips membangun hubungan yang baik: Komunikasi yang baik: Perlakukan satu sama lain dengan hormat dan komunikasikan secara terbuka. Jika Anda kesal karena sesuatu yang melibatkan ibu mertua, bicarakanlah secara pribadi dengan pasangan Anda. Penyelesaian konflik yang konstruktif: Cobalah memahami gaya penyelesaian konflik ibu mertua Anda dan temukan jalan tengahnya. Hindari bersikap defensif, menyalahkan, atau menyerang karakter tersebut.

Empati adalah kunci hubungan baik dengan ibu mertua. Cobalah untuk benar-benar memahami sudut pandang dan perasaan mereka. Ini dapat membantu Anda berdua berkomunikasi lebih baik dan menciptakan hubungan yang lebih memuaskan.

Luangkan waktu untuk mendengarkannya baik-baik dan fokus untuk berhubungan dengannya. Bagikan juga kisah pribadi Anda, yang dapat membantu mengisi kesenjangan dan menemukan titik temu.

Hubungan ideal dengan ibu mertua tidak selalu memungkinkan. Anda mungkin tidak akan pernah melihatnya sebagai ibu kedua dan dia mungkin tidak akan pernah melihat Anda dengan cara yang sama seperti anak-anaknya. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa memiliki hubungan yang baik dan saling menghormati.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post
Next post Foto-foto Hengky Kurniawan dan Keluarga Pakai Sarimbit Sambut Lebaran 2024, Anak Pertama Jadi Sorotan