25.300 Siswa Bersaing Rebut Kursi di MAN IC, MAN-PK, MAKN, Ujian CBT Digelar Serentak di 169 Titik

Read Time:2 Minute, 3 Second

robbanipress.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) akan melaksanakan Seleksi Nasional Madrasah Aliyah Manusia Sendakia Nasional (MAN IC), Program Keagamaan Madrasah Aliyah Nasional (MAN-PK) dan Penerimaan Nasional Indonesia (SNPDB) pada 2-3 Maret mendatang. 2024 di Madrasah Aliyah (MAKN).

Sebanyak 25.300 peserta akan mengikuti ujian yang dilaksanakan melalui computer based test (CBT) dan dilaksanakan serentak di 169 lokasi di seluruh Indonesia.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kemahasiswaan (KSKK) Muqammad Siddique Sisidianto saat acara koordinasi pelaksanaan SNPDB tahun ajaran 2024/2025. Siddiqui menghimbau agar praktik ini ditanggapi dengan serius guna menjaring siswa-siswa terbaik yang mampu bersaing secara akademis di tiga madrasah unggulan Islam tersebut.

“Alhamdulillah, animo masyarakat untuk mendaftar di ketiga madrasah unggulan ini sangat baik, dengan jumlah siswa yang terdaftar di SNPDB tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 31.990 siswa, dimana 25.300 di antaranya merupakan siswa BDT. Kita harus mempersiapkannya dengan matang. Untuk mendapatkan mahasiswa terbaik,” jelasnya.

Siddiqui juga mengatakan, telah diluncurkan dua jalur SNPDB, Jalur Sukses dan Jalur Percontohan, dan telah terdaftar di Jalur Sukses sebanyak 169 orang dan akhirnya 79 siswa telah lulus.

Menurut Sidiq, ada lima prinsip yang harus diikuti dalam proses SNPDB ini. Pertama, kita harus objektif mengenai peserta yang memenuhi syarat.

Kedua, transparansi. Artinya, proses pemilu bersifat terbuka dan masyarakat umum dapat mengakses dan mengetahui proses tersebut.

Yang ketiga adalah akuntabilitas, sebuah proses yang juga melibatkan akuntabilitas pendanaan.

“Keempat, selama proses SNPDB tidak diskriminatif dan kelima bersifat kompetitif, saya ingatkan bahwa semua siswa yang memenuhi syarat berhak untuk berpartisipasi dan bersaing dalam proses ini,” ujarnya.

Ketua Bidang Kemahasiswaan sekaligus Ketua Panitia Pelaksana SNPDB, Imam Bukhari mengajak seluruh panitia untuk melakukan identifikasi dan finalisasi lokasi percontohan serta melaporkan kesiapan wilayahnya.

“Seperti yang dikatakan direktur, persiapan kita sangat penting karena menentukan siapa yang bisa lolos dan siapa yang tidak. Sebagai pengingat, Imam bersabda, “Jangan sampai hasil kelulusanmu terhambat karena masalah teknis.”

Imam menjelaskan, 31.990 siswa yang terdaftar berasal dari Madrasah Tanawiya dan sekolah menengah negeri dan swasta. Siswa yang mendaftar di MAN IC sebanyak 26.333 orang, MAN-PK sebanyak 4.319 orang, dan MAKN sebanyak 1.338 orang.

Pengumuman kelulusan Jalur Sukses akan dipublikasikan pada tanggal 24 Februari 2024. Sedangkan untuk jalur ujiannya akan dilaksanakan Computer Based Test (CBT) pada tanggal 2 hingga tanggal 3 dan kelulusan akan diumumkan pada tanggal 20 Maret bersamaan dengan boarding. 13 Juli 2024. Enam program pilihan UIN Jakarta: Pathway to Success, Talent Discovery, Equal Opportunity in the 3T Sector, BLU Scholarship dan International Student Option. robbanipress.co.id.co.id 7 Mei 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Penerapan Teknologi Biointensif di Sentra Padi Subang Berhasil Dongkrak Produktivitas Padi
Next post Saksikan Sinetron Ijabah Cinta, Tayang Selasa 5 Maret 2024 Pukul 16:45 WIB Via Live Streaming SCTV di Sini