Masyarakat ‘Digital Savvy’ Alami Perubahan Perilaku

Read Time:2 Minute, 8 Second

robbanipress.co.id Tekno – Masyarakat yang melek teknologi atau digital savvy tidak akan melewatkan kesempatan untuk merasakan Ramadhan sebagai bulan yang penuh kebaikan. Berbeda dengan tahun lalu yang masih ramai pascapandemi COVID-19, masyarakat melek digital saat ini nampaknya lebih percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas selama Ramadan. Mulai dari membuka usaha, pergi berlibur, dan diakhiri dengan renovasi rumah. Perilaku ini juga menyebabkan perubahan cara masyarakat melek digital dalam mengelola akhir pekan (THR) pada tahun 2024 dibandingkan tahun 2023, terutama dalam hal alokasi belanja, tabungan, dan investasi. Jelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445H, platform Genius BTPN meluncurkan survei bertajuk “Riset Genius: Perilaku Masyarakat Cerdas Digital di Bulan Ramadhan dan Jelang Idul Fitri 2024” yang dilakukan pada 28 Februari – 18 Maret 2024. Sebanyak 233 responden berusia 17- 40 tahun dari berbagai wilayah Jabodetabek dan non-Jabodetabek (Bandung, Surabaya, Sidoarjo, Semarang, Medan, Palembang, Makassar, Manado, hingga Aceh) ikut serta dalam survei ini. Hasil survei mencerminkan perilaku masyarakat yang melek digital pada tahun ini yang fokus pada peningkatan kualitas ibadah, pengelolaan THR yang baik, dan mempererat hubungan dengan keluarga, Head of Digital Banking Partnership Bank BTPN Febry Rusli mengakui ada mengubah. Pada penyaluran THR 2018 dibandingkan tahun sebelumnya, dimana pada tahun lalu masyarakat paling digital savvy (41 persen) fokus pada tabungan THR, sedangkan 40 persen menggunakan THR untuk belanja Ramadhan dan 19 persen menginvestasikan THR. “Jangan sekarang. Alokasi THR untuk kebutuhan Ramadan meningkat dari 12 persen menjadi 52 persen. Sementara porsi tabungan dan investasi masing-masing 29 dan 19 persen,” kata 58 persen masyarakat yang paham digital yakin pengeluarannya bisa meningkat selama Ramadhan tahun ini. Pembagian biaya tersebut terbagi dalam beberapa kebutuhan, mulai dari pembelian baju baru (43 persen), mudik (30 persen), pembelian makanan untuk sahur, dan buka puasa bersama (29 persen). , masyarakat yang paham digital juga menggunakan THR untuk membayar tagihan/utang, liburan, renovasi rumah, dan membeli gadget tambahan dengan memilih opsi pinjaman. Dibandingkan tahun lalu, jumlah masyarakat yang paham menurut survei, 35 persen di antaranya berencana untuk melakukan hal tersebut mengambil pinjaman selama Ramadhan untuk berbagai keperluan, antara lain pertemuan Idul Fitri (60 persen), modal usaha (46 persen), dan renovasi rumah (18 persen) Sesuai kebutuhan dan kebiasaan digital. komunitas savvy, studi Jenius juga mengungkap lima fitur favorit Jenius bagi komunitas digital savvy. keuangan di bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri adalah Flexi Cash, Jenius QR, Jenius Paylater, Kartu Kredit Jenius, dan Kartu Debit Jenius. Perekonomian Indonesia tumbuh sebesar 5,11 persen pada kuartal I tahun 2024. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I tahun 2024 meningkat sebesar 5,11 persen secara tahunan (y/y). robbanipress.co.id.co.id 7 Mei 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Lirik Harga Bekas Sepeda Motor Legenda Honda Tiger 2000
Next post WhatsApp Punya Cara Kirim Pesan ke Diri Sendiri dan Mengubah Tampilan Warna