Cegah Petugas KPPS Alami Masalah Kesehatan Saat Pemilu 2024, Pemkot Surabaya Siagakan Puskesmas 24 Jam

Read Time:1 Minute, 27 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Pemerintah Kota Surabaya mengambil langkah proaktif dengan menyiagakan puskesmas 24 jam sehari sebagai upaya mengantisipasi kemungkinan Panitia Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilihan Umum 2024 mengalami gangguan kesehatan selama bertugas. .

Kepala Dinas Kesehatan Surabaya Nanik Sucristina menjelaskan, operasional Buskesma didukung dengan mobilisasi tenaga kesehatan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TBS).

“Kami sudah menyiagakan Puskesmas 24 jam dan tim kesehatan berkeliling dari kecamatan dan kelurahan menuju TPS,” kata Nanik saat rapat koordinasi di Ruang Komite D Surabaya. DPRD Kota melaporkan, Senin, Antara.

Tim kesehatan terdiri dari tiga hingga empat anggota, dokter dan perawat, dan tersebar di setiap kecamatan.

Selain itu, Kementerian Kesehatan juga telah menyiapkan layanan pelaporan darurat di setiap Puskesmas sebagai tindakan pencegahan terhadap gangguan kesehatan yang mungkin timbul selama petugas KPPS bertugas.

Selain itu, sesuai usulan Komisi D DPRD Kota Surabaya, layanan ini akan terkoneksi dengan “Pusat Komando 112”.

“Kami akan koordinasikan lebih lanjut 112 hubungan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya,” imbuhnya.

Direktur Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota (Bakspangpol) Kota Surabaya Maria Theresia Ekavati Rahayu juga mengatakan layanan kesehatan dan saluran pelaporan darurat akan tetap siap hingga seluruh tahapan pemungutan suara selesai.

Hal ini merupakan bagian dari upaya seluruh pemangku kepentingan untuk menyukseskan pemilu 2024.

Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya Guznul Kotima menegaskan, rapat koordinasi digelar untuk menjabarkan harapan dan model penanganan ketika KPPS menghadapi gangguan kesehatan saat pemungutan suara.

“Kami akan memastikan ketersediaan suplemen atau vitamin, termasuk tenaga kesehatan, saluran bantuan, dan saluran perawatan darurat,” ujarnya.

Khuznul juga menyoroti pentingnya saluran pelaporan yang optimal dalam seluruh operasional KPPS.

“KBPS sudah bertugas sejak pagi dan WIB sudah melakukan penghitungan sejak pukul 14.00, bahkan mungkin berhari-hari. Kami juga perlu memastikan apakah hotline tersebut baru beroperasi pada 14 Februari atau tidak,” imbuhnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Ricky Kevin Hadirkan Lagu Terbaru Look What You’ve Done To Me yang Menceritakan Tentang Kegagalan Move On
Next post Toyota Bocorkan Mobil Listrik dan Hybrid Baru untuk Indonesia