Cegah Varises dengan Olahraga, Begini Caranya

Read Time:1 Minute, 12 Second

robbanipress.co.id, JAKARTA – Olahraga merupakan tindakan pencegahan varises yang paling penting. Sebab olahraga dapat melancarkan aliran darah dari kaki hingga ke jantung.

Dokter jantung Vito A. Damay menjelaskan bahwa varises merupakan penyakit kronis pada pembuluh darah vena. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan aliran darah pada pembuluh darah, misalnya penggumpalan darah.

“Varises juga bisa disebabkan oleh masalah pada katup yang mencegah jantung mengalirkan darah dari kaki,” ujarnya dalam podcast Kaki Bengkak Saat Pulang atau Bepergian? Untuk mengidentifikasi dan mengobati varises,” kata dr Vito. Kementerian Kesehatan di Jakarta, Jumat (05/04/2024).

Kata dr Vito, saat orang tidak berolahraga, betisnya jadi jarang berjalan. Hal ini mengurangi kemampuan otot kaki untuk memompa darah ke jantung.

Varises seringkali menyerang orang yang duduk dalam jangka waktu lama, seperti pekerja kantoran atau penyiar. Orang yang melakukan perjalanan jauh, misalnya pulang pergi, juga berisiko terkena varises.

Menurut dr Vito, cara mencegah jalan kaki yang sederhana dan efektif, terutama power walk atau jalan cepat. Siklus ini meningkatkan aliran darah dari kaki ke jantung, dan dari jantung ke kaki.

“Jalan kaki 30 menit, kalau bisa 40 menit, itu lebih baik lagi,” ujarnya.

Saat berjalan, lanjut dr Vito, postur tubuh harus benar agar darah terpompa ke jantung maksimal. Rasakan kontraksi di betis Anda saat Anda berjalan.

Ketika orang berjalan dengan malas, tidak ada kontraksi otot, maka aliran darah tidak lancar. Vito menjelaskan, postur berjalan yang benar adalah tumit menyentuh tanah terlebih dahulu, lalu jari kaki condong ke depan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Ngeri, Jejak Kehidupan Masa Lalu Muncul di Tengah-tengah Perumahan
Next post Ramai Pungli di Masjid Al Jabbar Bandung, Dikutip Biaya Parkir hingga Rp25 Ribu padahal Bilang Seikhlasnya