5 Dosa Besar yang Tercantum Dalam Al Quran

Read Time:2 Minute, 11 Second

robbanipress.co.id – Dosa akan timbul akibat perbuatan manusia yang melanggar perintah Allah SWT. Menurut ajaran Islam, dosa dibedakan menjadi dosa besar dan dosa kecil. Setiap muslim harus berusaha menghindari kejahatan besar ini, karena jika mereka menghindarinya, mereka akan masuk neraka.

Dalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman: “Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar termasuk dosa-dosa yang diharamkan untuk dilakukan.” Sesungguhnya Kami akan menghapuskan kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosa kecil) dan mengakuinya setinggi-tingginya. (QS. An-Nisa : 31)

25 Maret 2024 Senin 25 Maret 2024 Bercerita lagi tentang Sedekah. 5 dosa besar yang disebutkan dalam Al-Qur’an adalah – 1. Ketidaktaatan kepada orang tua.

Dalam kitab Al-Minhaj Syarh Sahih Muslim (2:77), Imam Nawawi mengatakan bahwa durhaka kepada orang tua merupakan salah satu bentuk menyakiti hati orang tua.

Dalam kitab-kitab ulama disebutkan bahwa ketaatan dan ketaatan kepada orang tua itu wajib dalam segala hal, asalkan tidak ada korupsi. Dosa durhaka kepada orang tua dijelaskan dalam Al-Qur’an sebagai berikut. Itu adalah, 

“Selanjutnya, rabbi mengatakan bahwa tidak ada yang harus disembah selain dia.” Dia menyuruh mereka untuk bersikap sebaik mungkin kepada orang tua mereka. Jika salah satu atau Anda berdua menua dalam perawatan Anda. Jangan pernah mengucapkan kata “ah” kepada seseorang dan jangan pernah mengucapkan sesuatu yang sakral. (QS. Al-Isra’: 23) 2. Hindari shalat 5 waktu.

Jika seorang muslim melewatkan salat lima (5) waktu, berarti melanggar perintah Allah. Dikatakan pula bahwa orang-orang yang melalaikan shalat mengabaikan perintah Allah. Orang-orang seperti itu akan menerima pahala Jahannam, lembah neraka yang terdalam.

Dalam Al-Qur’an, Artinya adalah dosa jika melewatkan shalat lima waktu.

Allah SWT berfirman : “Maka barangsiapa yang shalat, celakalah orang-orang yang mengabaikan shalatnya” (QS. Al-Maun : 4-5) 3. Dosa Syirik

Murtad adalah orang yang menyembah selain Allah. Dan orang yang berpaling dari Allah disebut musyrik.

Al-Qur’an menunjukkan bahaya pantang.

“Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa menjatuhkan air.” Allah akan mengampuni segala dosa kecuali yang dikehendaki-Nya. (QS An-Nisa’: 48) 4. Dosa ilmu sihir

Artinya sihir itu benar seperti yang dijelaskan dalam Al-Quran.

“Maka mereka belajar dari kedua malaikat itu bagaimana cara memisahkan (suami) dan istri” (QS. Al-Baqarah: 102) 5. Membunuh saudara muslim.

Membunuh seorang muslim adalah dosa besar dan siapapun yang melakukannya pasti masuk neraka. Menurut Rasulullah SAW Membunuh seseorang kecuali karena alasan yang dibenarkan oleh Allah SWT. 

“Jika seorang mukmin dibunuh dengan sengaja, maka pahalanya adalah Jahannam, dan dia akan tinggal di sana selama-lamanya, dan Allah akan melaknatnya dalam murka dan menyediakan siksa yang berat baginya. (QS. An-Nisa: 93) terungkap. Penjelasan Surah Yasin satu lagi kiamat mengerikan yang menghebohkan wanita ini sangat jelas dan detail disertai ayat penjelasan kiamat 11 juni 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post WhatsApp di Android Bakal Kehadiran Fitur Transkripsi Pesan Suara
Next post Diseret di Sidang MK, Bos Bapanas Buka Suara Soal Bagi-bagi Bansos Beras Jokowi