4 Strategi Vidio Jadi Jawara OTT di Indonesia, Mampu Bersaing dengan Platform Global
robbanipress.co.id, Jakarta – Video tersebut mengungkap sejumlah strategi utama yang dilakukan perusahaan untuk terus bertahan sebagai platform over-the-top atau OTT lokal di Indonesia yang mampu bersaing dengan pemain global. Padahal, menurut laporan MPA (Media Partners Asia), Vidio telah menorehkan sederet prestasi luar biasa.
Menurut laporan MPA kuartal keempat tahun 2023, Vidio merupakan platform OTT nomor satu di Indonesia berdasarkan jumlah pelanggan. Platform Vidio Viu berhasil meninggalkan pemain lain seperti Disney Plus dan Netflix.
Vidio juga menduduki peringkat pertama dalam jumlah pengguna aktif bulanan dalam laporan MPA. Terkait keberhasilan tersebut, CEO Emtek, SCM & CEO Vidio Sutanto Hartono mengatakan hal tersebut dapat dilakukan melalui penerapan empat pilar penting perusahaan.
Pilar pertama yang diterapkan Vidio adalah menawarkan konten lokal. “Karena kita ini perusahaan konten, mau tidak mau kita harus memulainya dengan konten sebagai persembahan,” kata Sutanto dalam acara Prediksi Streaming 2024 di Jakarta, Selasa (3/5/2024).
Konten lokal juga menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan aplikasi streaming Vidio. Pasalnya, konten lokal masih banyak diminati konsumen di Indonesia.
Laporan MPA pada paruh pertama tahun 2023 menemukan bahwa konten lokal masih mendominasi konsumen Indonesia. Kandungan lokalnya melampaui Korea Selatan, Amerika Serikat, Jepang, dan Tiongkok.
Strategi kedua yang digunakan Vidio adalah menjalin kemitraan dengan berbagai pihak.
“Kemitraan ini memungkinkan kami menjadi lebih tangkas dibandingkan perusahaan global,” ujarnya.
Kemitraan ini sendiri merupakan strategi yang dilakukan Vidio mengingat kompleksitas bisnis platform digital. Bentuk kemitraan ini juga dilakukan dengan berbagai pihak, mulai dari perusahaan telekomunikasi hingga OEM dan mitra distribusi.
Strategi ketiga yang diterapkan Vidio adalah merekrut engineer lokal terbaik untuk mengembangkan berbagai fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen Indonesia.
Hal ini penting karena Vidio sendiri merupakan platform digital sehingga produk dan teknologi terbaik harus diterapkan untuk melayani pelanggan.
Menjadi strategi terakhir, Vidio juga didukung oleh Emtek yang membuatnya berbeda dari penyedia platform video lainnya. Berkat dukungan yang diberikan, Vidio dapat bersinergi dengan ekosistem Emtek lainnya dan bersaing dengan pemain lain.
(waduk/kaleng)