Mendagri Usul PNS Ingin Cepat Naik Pangkat Pindah ke IKN

Read Time:3 Minute, 35 Second

robbanipress.co.id Jakarta Menteri Dalam Negeri (Mendagrim) Tito Karnawin menyatakan akan membantu menyelesaikan permasalahan pertanahan di Ibukota Semenanjung (IKN) untuk mempercepat pembangunan ibu kota baru NKRI di Kalimantan Timur.

Ia pun berpendapat, jika ada PNS yang ingin dipindahkan ke IKN, sebaiknya segera dipromosikan dan dipromosikan. Pernyataan serupa diakuinya pernah dilontarkan terkait mutasi staf selama bertugas di Polda Papua.

“Saat saya membuat kebijakan di Polda Papua untuk memperbolehkan masyarakat ke Papua, tempat itu dijadikan sebagai uji coba. Berhasil, saya dipromosikan,” ujarnya, Selasa (11//6). /2024).

Ia juga meyakini dengan adanya pergantian kepemimpinan IKN, sebenarnya ia ingin lebih terlibat dalam pembangunan. Sebagai Menteri Dalam Negeri, ia mampu mengkoordinasikan pemerintah daerah untuk mendukung percepatan tersebut.

“Saya bisa segera menghubungi (Pemda) Pak Basuk (Plt Ketua Badan IKN),” kata Tito usai mengikuti rapat kerja bersama DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Selama ini menurutnya persoalan pertanahan menjadi salah satu persoalan utama perkembangan IKN. Menurut dia, pemerintah daerah juga ikut terlibat dalam persoalan pertanahan.

Ia mengatakan, Plt Bupati Panjam Pasar Utara Makmur Marbin merupakan salah satu stafnya di Kementerian Dalam Negeri (Kamendagiri) sedangkan Plt Gubernur Kaltim Akmal Malik juga merupakan salah satu Dirjen (Sepuluh). di Kementerian Dalam Negeri

Jadi saya punya hubungan emosional, kata mantan Kapolri Republik Indonesia itu.

Secara pribadi, ia juga mengaku ingin segera pindah ke IKN Nusantara karena faktor alam yang menjadi daya tariknya. Selama bertugas di kepolisian, ia mengaku selalu tertarik bekerja di daerah tersebut karena daya tarik lingkungan alamnya.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengundang para mantan presiden untuk menghadiri acara HUT ke-79 RI atau HUT pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Kepulauan (IKN), Kalimantan Timur. Mulai dari Presiden kelima RI Megawati Suekarnoth hingga Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Semua (mantan presiden) diundang, semua diundang. (Acara) di IKN,” kata Jokowi di Posyando Terpadu RW 02 RPTRA Taman Saw Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (11/6/2024).

Peringatan HUT ke-79 RI akan digelar di dua lokasi, yakni IKN dan halaman Istana Merdeka Jakarta. Kata Jokowi, hal itu merupakan bentuk pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN, Kalimantan Timur.

“Ini masa transisi, masa peralihan dari Jakarta ke IKN Nusantara. Untuk melihat perjalanan inisiatif ini. Jadi di sini (Istana Merdeka) masih berjalan, di sana (IKN) masih berjalan.” – dia menjelaskan. .

Jokowi mengatakan, perayaan HUT ke-80 RI tahun 2025 seluruhnya akan digelar di IKN dan pemindahan ibu kota akan dilakukan setelah ada keputusan presiden (caprice). Di sisi lain, mereka mengakui akomodasi dan transportasi di IKN tidaklah mudah.

“Tahun depan kalau keputusan presiden sudah ada di bursa baru, di IKN. Termasuk soal mobilitas, transportasi, dan perumahan, itu tidak mudah,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun Negara Republik Indonesia (HUT) ke-79 yang akan digelar pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Kepulauan (IKN), Kalimantan Timur. Sedangkan Wakil Presiden akan dijabat oleh Maruf Amin. Terletak di Istana Merdeka, Jakarta.

 

Sementara itu, Jokowi nantinya akan didampingi oleh Presiden terpilih Republik Indonesia Prabowo Subianto untuk masa jabatan 2024-2029. Sementara Maruf Amin didampingi Wakil Presiden terpilih Jibran Rakaboming Raqqa masa jabatan 2024-2029.

“Ada yang di IKN, ada yang di sini (Istana Jakarta). Pak Presiden bertugas (di IKN), Pak Wakil Presiden (di Istana),” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Mehjar Effendi. Istana Kepresidenan Jakarta. Kompleks, Senin (10/6/2024).

“Nanti wakil presiden bersama wakil presiden. Sedangkan presiden terpilih bersama presiden,” sambungnya.

Menurut dia, pemerintah negara bagian dan tamu undangan untuk menghadiri upacara HUT RI di IKN belum diputuskan. Namun, Mahdejar mengatakan tidak menutup kemungkinan pejabat pemerintah akan dipisah untuk menghadiri arena IKN dan Istana Merdeka.

“Belum ada daftarnya, mungkin akan dibagi menjadi dua bagian. Termasuk upacara di Taman Makam Pahlawan dan Peringatan IKN di Kalibata,” ujarnya.

 

Muhadjar mengatakan, pemerintah belum memutuskan apakah mantan presiden dan wakil presiden seperti Presiden kelima RI Megawati Sukarnopatri, presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhowino (SBY), menjadi wakil presiden keenam. Akankah RI Tri Sutrisno dan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Josuf Kala menghadiri IKN? Menurut dia, persoalan ini masih dalam pertimbangan.

“Masih diusulkan. Rekomendasi Presiden yang utama adalah yang perlu dikhawatirkan di sini (Istana) dan tokoh-tokoh IKN,” jelas Mohjar.

Menurutnya, duta besar negara sahabat akan diundang pada upacara HUT RI di IKN. Kedepannya, mereka tidak akan bermalam di IKN.

“Ada kemungkinan Dubes IKN tidak menginap di acara tersebut lalu kembali,” kata Mohjar.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Hari Tanpa Diet Internasional: Tubuh Sehat dengan 3 Kebiasaan Ini Tanpa Harus Diet
Next post 34 Tata Tertib Sebelum dan Sesudah Ikut UTBK SNBT 2024, Patuhi Jika Ingin Lolos!