Dharma Satya Nusantara Tebar Dividen Rp 22 per Saham, Catat Jadwalnya

Read Time:3 Minute, 26 Second

Liputan.com, Jakarta – PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG) akan membagikan dividen sebesar Rp 233,2 miliar atau Rp 22 per saham. Dividen akan dibagikan kepada pemegang saham sesuai ketentuan yang berlaku

Pembagian dividen ini mengacu pada data keuangan perseroan tahun buku 2023 yang berakhir 31 Desember 2024. Dharma Satya Nusantara meraup laba bersih sebesar Rp 893,81 miliar bagi pemilik induk pada periode yang sama.

Perseroan belum menyisihkan dana cadangan wajib. Hal ini terjadi karena dana cadangan wajib perseroan telah mencapai batas minimum sesuai ketentuan yang berlaku.

Selain dividen, sisa laba bersih dicatat sebagai laba ditahan yang digunakan untuk mendanai modal kerja dan investasi. Per 31 Desember 2023, perseroan mencatatkan laba ditahan sebesar Rp5,5 triliun dengan total ekuitas Rp8,89 triliun.

Rencana pembagian dividen tersebut diumumkan pada Rapat Umum Tahunan (RUPST) perseroan yang digelar pada 5 Juni 2024. Berikut jadwal pembagian dividen PT Dharma Satya Nusantara Tbk berdasarkan informasi yang dirilis Jumat (7/6/2024) di Bursa Efek Indonesia (BEI): Jadwal Dividen di Pasar Reguler dan Pasar Negosiasi Dikurangi Tanggal Dividen: 13 Juni Pasar Reguler 2024 dan Tanggal Ex-dividen Negosiasi di pasar: 14 Juni 2024 Tanggal ex-dividen di pasar tunai: 19 Juni 2024 Tanggal ex-dividen di pasar tunai: 20 Juni 2024 Daftar pemegang saham yang berhak menerima dividen tunai (DPS) tanggal: 19 Juni 2024 Tanggal pembayaran dividen: 4 Juli 2024

Sebelumnya, PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2023 hari ini, Rabu 5 Juni 2024.

Salah satu keputusan Rapat Umum Dharmasatya Nasantara antara lain keputusan pembagian dividen tunai sebesar Rp 2 triliun 33 miliar 2 juta. Besaran dividen tunai yang dibagikan sekitar 28 persen dari laba bersih perseroan tahun buku 2023.

Direktur Utama PT Dharma Satya Nusantara Tuberkulosis Andrianto Otomo mengatakan dalam waktu 30 hari setelah ringkasan risalah rapat umum diumumkan, dividen akan dibagikan kepada pemegang saham sesuai ketentuan yang berlaku.

Perseroan tidak menyisihkan Dana Cadangan Wajib karena Dana Cadangan Wajib Perseroan telah mencapai jumlah minimum yang dipersyaratkan oleh peraturan yang berlaku.

Pembagian Dividen Tunai Sejak IPO tahun 2013, perseroan selalu membagikan dividen tunai kepada pemegang saham. Pada tahun buku 2023, perseroan berhasil mempertahankan kinerja positif dalam menghadapi berbagai tantangan.

 

 

Hal ini termasuk kenaikan harga pupuk yang signifikan akibat situasi geopolitik perang yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina, serta biaya produksi minyak sawit akibat lemahnya perekonomian global dan tingginya suku bunga dolar AS. Hal ini berdampak pada melambatnya industri properti dan produk kayu global

Meski mengalami penurunan dibandingkan tahun 2022, kami berupaya menjaga EBITDA dan profitabilitas. (5/6/2024)

Tahun lalu, perseroan mencatatkan penjualan Rp9,4 triliun dengan EBITDA Rp2,4 triliun. Setelah pencapaian tersebut, laba bersih perseroan mencapai Rp 8 triliun 42 miliar

Sektor usaha kelapa sawit menyumbang 88% terhadap pendapatan perusahaan, disusul sektor usaha produk kayu dan energi terbarukan masing-masing sebesar 11,3% dan 0,7%.

 

PS Dharma Satya Nusantara Tbk, yang dikenal sebagai DSN Group, adalah perusahaan agroindustri yang berbasis di Jakarta. Untuk menunjang operasional bisnisnya, hingga akhir tahun 2021, perseroan memiliki 15 perkebunan kelapa sawit dengan total luas 112.600 hektar. Selain itu, DSN Group telah mengoperasikan 10 pabrik kelapa sawit dengan kapasitas produksi 570 ton per jam di seluruh pulau Kalimantan.

Perusahaan berkomitmen terhadap operasi bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab dengan fokus pada pengelolaan perkebunan kelapa sawit yang efisien dan ramah lingkungan. Melalui penggunaan teknologi modern dan praktik pertanian terbaik, DSN Group terus berupaya meningkatkan produksi dan kualitas panen.

Dalam operasionalnya, DSN Group tidak hanya berfokus pada produksi, namun juga pada aspek sosial dan lingkungan. Perusahaan berupaya memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sekitar perkebunan melalui program pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kesejahteraan.

 

Selain itu, DSN Group juga menerapkan kebijakan yang mendukung perlindungan lingkungan seperti pengelolaan limbah yang baik dan konservasi keanekaragaman hayati.

Dengan visi menjadi perusahaan agroindustri terkemuka di Indonesia, DSN Group terus berinovasi dan mengembangkan bisnisnya untuk memberikan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan. Melalui tekad dan komitmen, DSN Group berharap dapat berperan penting dalam industri kelapa sawit nasional dan internasional.

Perusahaan kami dimulai sebagai sebuah bisnis yang memproduksi produk kayu berkualitas. Seiring berjalannya waktu, kami memanfaatkan peluang baru untuk mengembangkan bisnis kami di industri minyak sawit dan produk kayu.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Demi Nora Al Matrooshi, NASA Desain Hijab Khusus Astronaut
Next post Mengakhiri Hari dengan Menulis Jurnal Bersyukur, Bantu Hempas Rasa Sedih