VR46 Racing Team, Tim Balap Valentino Rossi yang Bikin Pertamina Lubricants Terpincut

Read Time:3 Minute, 38 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Secara mengejutkan, Pelumas Pertamina menjadi sponsor utama VR46 Racing Team di MotoGP, balapan motor papan atas dunia. Perusahaan pelat merah itu mensponsori tim balap asal Italia selama tiga (3) musim mulai tahun 2024 hingga 2026. Dengan nama Pertamina Enduro VR46 Racing Team.

VR46 Racing Team sendiri merupakan pendatang baru di kelas royal. Namun, di balik tim ini bukan sembarang orang, melainkan legenda hidup MotoGP yaitu Valentino Rossi.

Jauh sebelum terbentuknya Tim Balap Valentino Rossi VR46 pada tahun 2013. Mendirikan Akademi Sepeda Motor VR46. Saat itu, ia masih aktif membalap di MotoGP.

Akademi tersebut lahir dari keprihatinan Rossi terhadap dominasi pebalap Spanyol di MotoGP. Tercatat, ia menjadi satu-satunya pebalap Italia yang berhasil menjuarai MotoGP pada 2008 dan 2009. Setelahnya, pebalap Spanyol seperti Jorge Lorenzo dan Marc Marquez mendominasi.

“Ide dari Akademi VR46 adalah untuk membantu para atlet Italia mencapai level tertinggi dalam karir balap mereka. Kami tidak hanya berusaha melatih atlet yang cepat, tetapi kami juga memiliki hubungan yang baik. Kami mendirikan akademi ini dari hati, “ucap Rossi. . roadracingworld.com.

Dan Peternakan VR46 di Tavullija adalah fasilitas pelatihan utama Akademi VR46. Pembalap muda berbakat dilatih di sini tidak hanya dari segi skill dan fisik, tetapi juga dari segi psikologi.

Moto3 2014 pertama kali dipertandingkan di ajang resmi bersama Sky Racing Team oleh pembalap muda VR46 di bawah naungan VR46 Academy. Hasilnya pun lumayan, Romano Fenati selaku joki utama mampu mengamankan posisi ke-5 klasemen.

VR46 pun diperkuat dengan mengandalkan pebalap muda saat itu Francesco Bagnaia untuk berlaga di Moto2 pada 2017. Setahun kemudian, anak didik Rossi itu menjadi Juara Dunia Moto2 2018.

Dan di tahun 2020 ini, musim balap menjadi musim termanis bagi jebolan akademi VR46 ini, karena Luca Marini dan Marco Bezzecchi berhasil meraih gelar juara Moto2 ke-1 dan ke-2 bersama tim Sky Racing VR46.

Baru pada tahun 2022 ini VR46 merambah balap di kasta tertinggi yakni MotoGP dengan menggunakan nama tim Mooney VR46 Racing Team.

 

Pada musim pertama duo pembalap MotoGP Luca Marini dan Marco Bezzecchi tampil cukup baik dengan finis di posisi kedelapan dari 12 tim yang bersaing.

Peningkatan performa telah tiba di MotoGP 2023. Marco Bezzecchi berhasil meraih gelar junior terbaik tahun 2022. Balapan MotoGP dan berada di posisi ketiga klasemen di akhir balapan.

Dia tertinggal 138 poin dari Francesco Bagnaia pada tahun 2023. Juara Dunia MotoGP dan rekan Bezzecchi di Akademi VR46.

 

Menanti musim balap 2024, VR46 yang mendapat pendanaan dari Pertamina Lubricants akan mengandalkan Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio. Sedangkan Luca Marini pindah ke tim Honda.

Performa apik Fabio Di Giannantonio dalam beberapa putaran terakhir membuat Tim Balap Pertamina Enduro VR46 optimistis menghadapi ajang 22 putaran musim depan.

“Kami melihat performa yang baik dan konsisten dari Fabio, khususnya di sisa musim MotoGP 2023. Kami berharap ini bisa menambah prestasi tim MotoGP Pertamina Enduro VR46 musim depan. Kami sangat antusias dan optimis ke depan. MotoGP selanjutnya musim bersama Fabio dan Marco”, – Direktur Pelumas Pertamina, Direktur Verri Prayogi (12/07/2023) menjelaskan dalam keterangan resmi.

Fabio Di Giannantonio atau akrab disapa Diggia mengaku sangat bangga bisa bergabung dengan tim VR46 MotoGP.

“Ini adalah kesempatan luar biasa bagi saya untuk terus berkembang dan menunjukkan kemampuan saya. Saya yakin bersama-sama kita bisa mencapai hal-hal besar dan bisa membanggakan fans kita,” ujar pebalap asal Italia itu.

 

Berbicara mengenai kemitraan dengan Pertamina Lubricants, CEO VR46 Racing Gianluca Falcioni mengaku senang bisa bekerja sama dengan perusahaan asal Indonesia tersebut. Dan menurutnya, VR46 Racing Team tak sabar untuk memulai era baru bersama Pertamina Enduro pada tahun depan.

Tentu saja ini merupakan kerja sama yang strategis antara VR46 dan Pertamina. Saya kira sangat penting untuk memulai kerja sama ini tidak hanya secara brand, tapi juga untuk negara,” kata Falcioni.

Ia mengatakan, pihaknya baru pertama kali menjalin kerja sama dengan perusahaan Indonesia, dan ia merasa sangat senang, sangat termotivasi dan bersemangat untuk memulai kerja sama tersebut. “Saya melihat potensi besar dalam kerja sama ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Allesio Salucci selaku team prinsipal dari VR46 Racing Team merasa senang atas kolaborasi yang baik dan tonggak penting dalam sejarah tim ini.

“Kami merasa terhormat dapat bermitra dengan Pertamina Lubricants di dunia motorsport. Dengan sinergi baru ini, kami tidak hanya memiliki ambisi yang sama, tetapi juga mempertemukan dua basis penggemar terbesar dan setia MotoGP,” ujarnya.

“Pada tahun 2024, era baru dalam sejarah MotoGP kami akan dimulai. Periode ini akan penuh dengan petualangan sukses”, – tambah temannya Valentino Rossi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Banjir Job Pasca Cerai dari Ria Ricis, Teuku Ryan Fokus Jadi Ayah Hebat Buat Anak
Next post UI Raih Peringkat 1 The Most Sustainable Universities di Asia, 24 di Dunia