UI Raih Peringkat 1 The Most Sustainable Universities di Asia, 24 di Dunia

Read Time:2 Minute, 12 Second

Depok – UI GreenMetric World University Rankings 2023 umumkan hasil pemeringkatan Universitas Indonesia (UI) dinobatkan sebagai universitas terbaik di Asia untuk kategori universitas paling berkelanjutan atau peringkat 24 dunia.

Antarmuka pengguna mempertahankan posisinya sebagai yang terbaik di negara ini, sama seperti tahun lalu. Padahal jumlah peserta meningkat dari 1.050 menjadi 1.183 perguruan tinggi. Keberhasilan UI menduduki peringkat ke-24 dunia merupakan buah dari upaya UI dalam mewujudkan kampus hijau.

Di antara enam kriteria yang diberikan dalam pemeringkatan tersebut adalah definisi dan infrastruktur. Energi dan perubahan iklim, limbah, air, transportasi, serta pendidikan dan penelitian membuat UI mendapatkan skor keseluruhan sebesar 8.925, naik dari 8.800 pada tahun lalu.

Peningkatan tersebut salah satunya terjadi pada skor definisi dan infrastruktur yang meningkat dari 1.175 menjadi 1.325 pada skor definisi dan infrastruktur. Setidaknya ada beberapa poin yang dijadikan metrik evaluasi.

Indikator-indikator tersebut adalah perbandingan antara luas terbuka dengan luas total. Area kampus ditumbuhi tanaman hutan. dan ruang terbuka Selain itu, proyek konservasi tumbuhan dan hewan juga diperhitungkan. Tempat penyimpanan air serta berbagai fasilitas seperti gedung dan prasarana kesehatan. dan fasilitas keselamatan

Antarmuka pengguna cukup unggul dalam kriteria ini. Dari seluruh lahan kampus UI Depok, 50% merupakan hutan, 9% merupakan kawasan konservasi danau atau perairan, dan 70% merupakan ruang terbuka hijau.

Untuk menjaga keberlanjutan, UI juga telah menetapkan kebijakan masterplan pengembangan kampus agar persentase ruang terbuka dan ruang hijau tetap sebesar 50%. Oleh karena itu, salah satu kebijakan yang ditetapkan UI adalah aturan gedung baru minimal setinggi 8 lantai dengan konsep green building.

Berkat upaya tersebut, UI meloloskan Universiti Putra Malaysia dalam UI GreenMetric World University Ranking 2023. 5 universitas terbaik dunia dalam UI GreenMetric World University Ranking 2023 terus mendapat penghargaan berkat Wageningen University and Research, Belanda, Nottingham Trent University Britania Raya; Umwelt-Campus Birkenfeld (Universitas Ilmu Terapan Trier), Jerman; Universitas Groningen Belanda; dan Universitas California, Davis, AS.

Rektor UI Profesor Ari Kunkoro mengatakan pemeringkatan UI GreenMetric menjadi wadah kolaborasi antar perguruan tinggi untuk menjadikan dunia menjadi tempat yang lebih baik. Keberhasilan global user interface dalam pemeringkatan ini menunjukkan betapa seriusnya user interface dalam meningkatkan infrastruktur universitas. dan tindakan menuju universitas berkelanjutan dalam skala global

“Kami meyakini perguruan tinggi mempunyai peran penting dalam upaya bersama antara pemangku kepentingan dan masyarakat dalam mengatasi perubahan iklim,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis, 7 Desember 2023.

Dengan mengedepankan dan mengembangkan ide dan inovasi baru, UI berharap dapat memberikan kontribusi nyata.

“Misalnya: berupa penghematan energi dan air, daur ulang sampah, dan transportasi ramah lingkungan bagi masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan berkelanjutan,” ujar Amelita Lucia, Kepala Biro Humas UI dan KIP.  Cerdaslah dalam memilih tempat tinggal Anda. Milenial dan Generasi Z menyukai hal semacam ini

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post VR46 Racing Team, Tim Balap Valentino Rossi yang Bikin Pertamina Lubricants Terpincut
Next post Kim Yoo Jung Berubah Jadi Chicken Nugget Gara-Gara Mesin Misterius di Kantor Ayahnya