Cara Batalkan Pesan iMessage yang Terlanjur Terkirim di iPhone

Read Time:3 Minute, 19 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – iPhone memiliki fitur yang memungkinkan pengguna menghapus pesan yang sudah terkirim.

Hal ini tentu sangat membantu, karena mengirimkan pesan kepada orang yang salah dapat menyebabkan berbagai macam masalah, mulai dari rasa malu hingga konsekuensi serius dalam kehidupan nyata.

Untungnya, seperti dikutip dari Engadget, Senin (26/2/2024), sejak peluncuran iOS 16, Apple telah memperkenalkan fitur yang memungkinkan pemilik iPhone membatalkan pengiriman iMessage dalam waktu dua menit setelah pengiriman.

Nah, untuk mengetahui cara membatalkan pengiriman pesan di perangkat Apple, simak langkah-langkahnya di bawah ini: Cara Membatalkan Pesan Terkirim di iPhone

Perhatikan bahwa fitur batalkan pengiriman ini hanya berfungsi di iMessage. Oleh karena itu, tidak mungkin untuk membatalkan chat SMS biasa yang sudah terkirim.

Berikut cara membatalkan pengiriman pesan iMessage yang ada di iPhone Anda: Buka aplikasi Pesan di iPhone Anda, pilih utas percakapan dengan pesan yang ingin Anda hapus. Tekan dan tahan jari Anda pada gelembung pesan yang ingin Anda batalkan pengirimannya. Ketuk Batalkan Tampilan di menu pop-up. (Setelah pesan dibatalkan, Anda akan melihat animasi balon meletus.)

Kemudian, peringatan “Anda belum mengirim pesan” akan muncul dalam teks kecil berwarna abu-abu, dan penerima akan melihat pemberitahuan serupa.

Namun perlu diketahui bahwa fitur ini hanya bisa diakses dalam waktu dua menit setelah pesan terkirim. Fitur ini dapat diakses di iPhone yang menjalankan setidaknya iOS 16 atau iPadOS 16.

Jika Anda tidak melihat opsi ini, Anda perlu memastikan iPhone Anda menjalankan iOS terbaru.

Anda dapat memeriksa iOS yang terinstal di iPhone Anda dengan membuka Pengaturan > Umum > Tentang > Versi iOS.

Namun salah satu kelemahan fitur pesan belum terkirim yang membuat frustasi adalah jika penerima pesan masih berjalan di iOS versi lama atau sebelum tahun 2022.

Dengan cara ini, mereka masih dapat melihat pesan yang dihapus. Jadi, fitur ini hanya berlaku jika kedua perangkat menjalankan setidaknya iOS 16. 

  Cara Menghapus Pesan di Mac OS

Jadi, cara menghapus pesan di Mac hampir sama dengan di iOS atau iPadOS.

Untuk menghapus Pesan di Mac Anda, perangkat Anda harus menjalankan setidaknya macOS Ventura, lalu ikuti langkah-langkah berikut: Buka app Pesan di Mac Anda. Pilih percakapan dengan isi pesan yang ingin Anda hapus. Pilih Batalkan Bilah. (Setelah pesan dibatalkan, pengguna akan melihat animasi balon meletus.) Peringatan (“Anda belum mengirim pesan”) akan muncul, dan penerima akan melihat pemberitahuan serupa.

Mac harus menjalankan macOS 13 atau lebih baru, dan perangkat penerima harus menjalankan setidaknya iOS 16, iPadOS 16.1, atau macOS Ventura.

Berapa lama pengguna tidak boleh mengirim pesan di iPhone?

Setelah dua menit mengirim iMessage, pengguna tidak boleh mengirimkannya.

Bagaimana cara melihat pesan yang dibatalkan di iPhone?

Biasanya pengguna tidak dapat melihat pesan setelah pesan belum terkirim.

Namun, jika pengguna memiliki perangkat Apple yang menjalankan perangkat lunak tersebut sebelum tahun 2022, pesan tersebut mungkin masih tersedia di perangkat tersebut.

Bisakah pengguna mengambil pesan yang dibatalkan?

Tidak, saat ini tidak ada cara resmi untuk mengirim ulang pesan yang dibatalkan. 

Ini akan berfungsi jika pengguna memiliki perangkat lain yang menjalankan firmware Apple sebelum tahun 2022 (yang masuk ke akun iMessage saat pengguna mengirim pesan).

Bisakah pengguna membatalkan pengiriman pesan setelah membacanya di iPhone?

Ya. Selama obrolan iMessage (dan perangkat dengan perangkat lunak Apple terbaru) merupakan pesan yang dapat dibatalkan, status pesan telah dibaca/belum dibaca tidak memengaruhi kemampuan pengguna untuk membatalkan pengirimannya.

Satu-satunya batasan dalam membatalkan pesan terkirim adalah pengguna harus membatalkan pengirimannya dalam waktu dua menit.

Google, di sisi lain, kembali mengulangi kampanyenya yang bertajuk “Dapatkan Pesan”. Kampanye ini dibuat untuk menekan Apple agar mengadopsi protokol perpesanan Rich Communication Services (RCS).

Dikutip dari Android Authority pada Senin (25/9/2023), video tersebut memperlihatkan perangkat buatannya bernama iPager.

Paging adalah teknologi perpesanan usang yang digunakan Apple saat mengirim pesan teks melalui Android.

Google mengkritik Apple karena kurangnya inovasi, dengan mengatakan hal itu menyebabkan “mimpi buruk teknologi modern”.

Sekadar informasi, persaingan antara layanan SMS RCS Google dan iMessage milik Apple sangat terasa di AS. Pasalnya, pengguna iPhone di AS mengandalkan iMessage untuk berkirim pesan.

Artinya, saat berkomunikasi dengan pengguna iPhone, pengguna Android tidak bisa mendapatkan pengalaman berkirim pesan yang sama.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Mahasiswi Gadungan Tipu Orang Tua di Acara Wisuda, Modus Pinjam Toga
Next post 10 Universitas dengan Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia Versi Scimago 2024