iPad Dipakai di Pesawat Tempur dalam Perang Ukraina-Rusia, Buat Apa?

Read Time:1 Minute, 56 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – iPad ternyata digunakan dalam peristiwa yang tidak biasa dalam perang Ukraina-Rusia. Pasalnya, Angkatan Udara Ukraina menggunakan iPad sebagai senjata modern di pesawat tempur tua.

Sekadar informasi, salah satu permasalahan pesawat tua adalah pesawat tersebut mungkin tidak memiliki teknologi terkini. Salah satu teknologi tersebut adalah kemampuan teknologi untuk mengirimkan informasi sasaran ke senjata yang ada saat ini.

Oleh karena itu, Angkatan Udara Ukraina menggunakan iPad sebagai solusi untuk mendapatkan informasi misi.

Berbicara kepada Apple Insider, Tiongkok (2/5/2024), Asisten Menteri Pertahanan AS untuk Akuisisi dan Keberlanjutan William LaPlante membenarkan bahwa tablet seperti iPad ditambahkan ke pesawat tua untuk meningkatkan sistem militer.

Dia mengungkapkan “rahasia” ini saat berbicara di Forum Keamanan Global pada tanggal 24 April. LaPlante memberi pengarahan kepada peserta konferensi mengenai situasi tersebut, menurut The WarZone.

Angkatan Udara Ukraina disebut memiliki banyak jet tua era Rusia dan Soviet yang perlu dimodernisasi.

“Bekerja dengan Ukraina, kami dapat mengambil banyak senjata Barat dan membuat mereka bekerja di pesawat, yang dikendalikan oleh pilot Pads,” kata LaPlante.

Setelah itu, para pilot menerbangkan senjata tersebut dalam konflik, satu minggu setelah Amerika Serikat memperkenalkan sistem tersebut.

La Plante tidak menjelaskan secara spesifik operasi tersebut, namun video yang dirilis setelah pertemuan menunjukkan bahwa pesawat Su-27 Flanker memiliki sistem tersebut.

Video tersebut memperlihatkan tablet mirip iPad yang diletakkan di depan pengemudi.

Tabel yang sama juga digunakan untuk memberikan informasi tambahan kepada pilot, misalnya peta. Karena tablet mengontrol sebagian besar panel instrumen, iPad juga dapat menangani beberapa informasi avionik dan penerbangan yang penting bagi pilot.

IPad ini diharapkan mampu mengendalikan beberapa senjata udara-ke-darat yang ditawarkan negara-negara barat. Video yang beredar juga memperlihatkan penggunaan rudal antiradiasi berkecepatan tinggi AGM-88 yang disediakan Amerika Serikat.

Sistem di iPad juga dapat digunakan untuk mengontrol bom berpemandu presisi Extended Range Direct Weapons, bom roket Hammer dari Perancis, dan bom berpemandu dua mode PaveWay IV dari Inggris.

Sebagai informasi, ini bukan pertama kalinya iPad digunakan di udara. Sebelumnya, iPad juga digunakan pada penerbangan komersial sebagai tas jinjing elektronik selama beberapa tahun.

Hal ini menghilangkan kebutuhan untuk membawa dokumen berat, menghemat berat dan bahan bakar.

Beberapa produk Apple juga digunakan dalam perang antara Ukraina dan Rusia. Pada bulan April 2022, seorang warga Ukraina melaporkan bahwa pasukan Rusia mencuri AirPods dari rumahnya di Kiev.

Ia kemudian menggunakan fitur FindMy untuk melacak pergerakan tentara Rusia.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Fitur Baru Instagram, Batasi Interaksi Hanya dengan Teman Dekat
Next post Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Lihat Kontak yang Baru Saja Online