3 Resep Mango Sago Khas Hong Kong yang Bisa Untuk Sajian Buka Puasa

Read Time:3 Minute, 17 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Bulan Ramadhan sudah dekat. Sekarang Anda bisa mulai menyiapkan daftar menu untuk berbuka puasa. Ada beragam menu buka puasa yang bisa dipilih, salah satunya adalah hidangan khas Hong Kong, sagu mangga.

Sagu merupakan hasil samping dari pohon sagu (methoxylon sagu). Tekstur sagu mirip dengan tepung tapioka. Di beberapa daerah di Indonesia bagian timur, sagu juga menjadi makanan pokok. 

Rabu 6 Maret 2024 Mengutip situs resmi Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng, nilai gizi sagu sangat lengkap. 100 gram sagu kering mengandung 94 gram karbohidrat, 0,2 gram protein, 0,5 gram serat, 10 miligram kalsium, 1,2 miligram zat besi, dan 355 kalori. Oleh karena itu, pikiran dapat dijadikan sebagai sumber energi bagi tubuh. 

Sagu dapat digunakan untuk membuat sagu mangga ala Hong Kong. Sagu mangga ini bisa Anda santap sebagai makanan. Rasa mangga yang manis menyegarkan serta nilai gizi sagu sangat cocok dikonsumsi saat perut kosong sepanjang hari. 

Langkah-langkahnya sangat sederhana dan mudah.  Rabu, 6 Maret 2024 Segera catat tiga resep Sagu Mangga berikut ini yang tertera di Cookpad.

Puding Sagu Mangga

Resep dari @tyasprabowo ini membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:

Lapisan 1:

50 gram sagu mutiara putih

1 agar-agar tidak berwarna

150 gr gula pasir

900ml susu cair

2 buah mangga manis dan harum, cincang halus

Lapisan 2:

1 buah jeli rasa mangga

150 gr gula pasir

1 buah mangga manis dan harum, blender

700ml air.

 

Cara membuat : Rebus sagu mutiara hingga empuk lalu sisihkan. Campur semua bahan dari lapisan 1 lalu masak hingga mendidih. Susun irisan mangga dalam loyang, lalu taburi dengan puding susu secukupnya. Campur sisa puding susu dengan sagu mutiara yang sudah matang. Tuang adonan susu dan puding mutiara di atas lapisan pertama. Lapisan kedua, campur semua bahan puding, masak hingga mendidih. Tuang puding mangga di atas lapisan sagu mutiara dan dinginkan hingga matang.  Puding siap dipotong-potong dan disajikan.

Resep dari @rima2020 ini membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:

Komposisi jeli:

1 bungkus Mangga Nutrigella (15g)

4 gelas air

6 sendok makan gula putih

Bahan Saus Mangga/Haluskan:

2 buah mangga

120g (scm) susu kental manis dengan gula

Isian:

2 buah mangga

1 sendok makan biji kemangi

65g biji mutiara

Haluskan Mangga:

500ml susu kental

400ml susu murni.

 

Cara membuat : Siapkan semua bahan. Pertama, siapkan agar-agar dengan menambahkan semua bahan dan didihkan. Lalu angkat dan biarkan dingin. Kemudian potong-potong dan simpan di lemari es. Rebus butiran mutiara sesuai cara 5.30.7 dan masak selama 5 menit, lalu matikan api dan biarkan selama 30 menit. Kemudian masak kembali selama kurang lebih 7 menit, angkat dan saring. Kemudian rendam sebentar dalam air dingin dan tiriskan kembali. Sekarang siapkan pure mangga. Masukkan susu kental manis lalu aduk hingga rata. Sementara itu, rendam biji selasih dalam air biasa hingga mengembang dan menetes. Campur susu kental manis dan krim, siapkan wadah, isi dengan 2-3 sendok makan puree mangga, lalu tambahkan agar-agar, potongan mangga, biji selasih, dan biji mutiara. Kemudian tuang campuran susu kental manis dan krim kocok, dinginkan dan nikmati dingin.

Resep dari @willy_arta ini membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:

2 kg mangga manis dan harum

Krim Keju (Pro Cheese Spread) 100ml

1 bungkus jelly rasa mangga

500ml air

2 sendok makan gula pasir

100 gram sagu mutiara

Air secukupnya untuk merebus sagu

1 kaleng susu kental manis (krim fiber)

1/2 kaleng susu kental manis

Coba nata de kelapa (opsional).

 

Cara pembuatannya: Pertama siapkan sagu dengan cara merebus sagu mutiara. Masak hingga mendidih, sekitar 10 menit. Tutup panci dengan rapat dan matikan api. Bilas dengan air es dan tiriskan. Anda bisa menggunakan rasa apa pun yang Anda suka untuk jeli. Masak bersama gula hingga mendidih. Angkat dan tambahkan asam sitrat lalu aduk rata. Biarkan apa adanya lalu potong kotak. Kupas mangga dan sisihkan untuk isian. Campur mangga, keju, dan 2 sendok makan susu kental manis hingga rata. Anda bisa membuatnya lebih encer dengan menambahkan sedikit air. Masukkan mangga, jelly, nata de coco, sagu, susu kental manis, dan susu kental manis ke dalam gelas pertama, dan terakhir masukkan potongan mangga. Simpan di lemari es minimal 1 jam sebelum disajikan.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Penjualan Mobil Nasional April 2024 Kembali Anjlok, Merosot 28,4 Persen
Next post Siap-Siap War Tiket Konser Dua Lipa, Harga Mulai Rp750 Ribu