Trivia Saham: Mengenal Gelembung Harga dan Tahapannya

Read Time:4 Minute, 2 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Dalam berinvestasi di pasar modal, para pelaku pasar dan investor terkadang menjumpai pergerakan saham-saham yang harganya naik signifikan secara tiba-tiba atau dalam waktu singkat. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh gelembung harga atau price bubble.

Dikutip dari Instagram @indonesiastockekchange Diposting pada Sabtu (27/1/2024) jika Anda pernah melihat suatu saham yang harganya naik gila-gilaan dalam waktu singkat namun tidak didukung oleh informasi signifikan yang dapat berdampak baik pada laporan keuangan perusahaan. , ini dianggap sebagai sinyal, hati-hati. Sebab, ada kemungkinan terjadinya bubble harga. Lalu berapa harga bubblenya?

Bubble pricing adalah fenomena dimana harga suatu aset, harga suatu aset, termasuk saham, real estate atau komoditas, mengalami kenaikan yang tidak wajar. Hal ini juga terjadi karena spekulasi berlebihan yang dilakukan investor. Selain itu, harga aset melebihi nilai fundamentalnya dengan selisih yang besar. Dampak harga bubble

Dikutip dari Investopedia, karena permintaan spekulatif dan bukan nilai intrinsik yang mendorong kenaikan harga, bubble pada akhirnya akan pecah dan aksi jual besar-besaran akan menyebabkan harga turun, seringkali cukup drastis.

Kerugian akibat pecahnya bubble bergantung pada sektor ekonomi yang terlibat, serta apakah tingkat partisipasinya tersebar luas dan terlokalisasi. Misalnya, pecahnya gelembung saham dan real estat Jepang pada tahun 1989–1992 menyebabkan stagnasi berkepanjangan dalam perekonomian Jepang sehingga tahun 1990-an disebut sebagai dekade yang hilang.

Di AS, gelembung dot-com pecah pada tahun 2000 dan gelembung perumahan pada tahun 2008, menyebabkan resesi yang parah.

 

 Jenis aset gelembung

Secara teoritis, jumlah gelembung aset tidak terbatas, namun saham spekulatif dapat terjadi dalam segala hal mulai dari mata uang kripto termasuk bitcoin dan dogecoin hingga saham meme seperti gamestop dan AMC hingga harga rumah. Secara garis besar, gelembung aset dapat dibagi menjadi empat kategori, antara lain saham, aset non-saham termasuk real estat, mata uang kripto dan mata uang, pinjaman, dan komoditas. Stok balon

Gelembung pasar saham melibatkan saham-saham yang harganya naik dengan cepat, seringkali melebihi nilai fundamental perusahaan. Gelembung ini dapat mencakup pasar saham secara keseluruhan, dana yang diperdagangkan di bursa, atau saham di sektor tertentu seperti gelembung dotcom pada akhir tahun 1990an.

Agar tidak terjebak dalam gelembung harga, berikut langkah-langkah membuat gelembung harga:

1. Perpindahan: Minat investasi investor meningkat

2. Boom: harga mulai naik secara perlahan

3. Euforia: Harga naik drastis dan investor siap membeli properti dengan harga tinggi.

4. Pengambilan keuntungan: Investor besar mulai menarik uangnya dan menyadari bahwa gelembung telah terbentuk.

5. Panik: Harga mulai turun dan terjadi penjualan panik

Telah diumumkan sebelumnya bahwa dalam berinvestasi di pasar modal, analisis saham emiten merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan untuk mengetahui keadaan perusahaan.

Analisis terhadap saham emiten dapat dilakukan melalui laporan keuangan, survei perusahaan sekuritas, berita dan lainnya. Saat Anda menganalisis laporan keuangan dan membaca berita tentang aksi korporasi, Anda sering kali hampir melihat kata-kata yang terkait dengan entitas. Kali ini stock trivia membahas secara singkat tentang associate dan perbedaannya dengan afiliasi.

Dikutip dari situs Bursa Efek Indonesia, Senin (2/10/2023), entitas asosiasi adalah entitas yang kelompok usahanya mempunyai pengaruh signifikan dan bukan merupakan anak perusahaan atau bagian dari perusahaan patungan.

Kepemilikan langsung atau tidak langsung atas 20 persen atau lebih hak suara suatu perusahaan investasi dianggap sebagai kepemilikan yang mempunyai pengaruh signifikan, kecuali sebaliknya dapat ditunjukkan dengan jelas.

Dikutip dari studocu.com, pengaruh signifikan adalah kekuasaan untuk berpartisipasi dalam keputusan keuangan dan operasional strategis mengenai kebijakan perusahaan, namun bukan kendali atau kendali bersama atas kebijakan tersebut.

1. Jika investor secara langsung atau tidak langsung (misalnya melalui anak perusahaan) memiliki 20 persen atau lebih hak suara pada investee, maka investor tersebut mempunyai pengaruh signifikan, kecuali dapat ditunjukkan dengan jelas bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan.

2. Jika investor secara langsung atau tidak langsung, misalnya. melalui anak perusahaan, yang mempunyai kurang dari 20 persen hak suara perusahaan yang diinvestasikan, maka investor tersebut tidak mempunyai pengaruh yang signifikan, kecuali dapat ditunjukkan dengan jelas bahwa investor tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan.

3. Kepemilikan signifikan atau kepemilikan mayoritas investor lain tidak menentukan pengaruh signifikan investor tersebut.

 

 

 

 

Sedangkan anak perusahaan merupakan entitas yang dikendalikan oleh perusahaan induk. Pengendalian adalah kemampuan untuk mengatur kebijakan keuangan dan operasional perusahaan agar memperoleh manfaat dari aktivitas tersebut.

Pengaruh pengendalian dianggap ada jika perusahaan induk, baik langsung maupun tidak langsung melalui anak perusahaan, memiliki lebih dari separuh hak suara dalam perusahaan, kecuali dapat ditunjukkan dengan jelas bahwa kepemilikan tersebut tidak menunjukkan adanya pengaruh pengendalian.

Pengendalian juga dapat terjadi ketika perusahaan induk memiliki setengah atau kurang hak suara dalam entitas, namun memiliki:

1. Mempunyai lebih dari separuh hak suara berdasarkan perjanjian dengan pemegang saham lainnya.

2. Berhak mengatur kebijakan keuangan dan operasional berdasarkan anggaran dasar atau kesepakatan bersama.

3. Mempunyai hak untuk mengangkat atau memberhentikan sebagian besar anggota dewan atau badan serupa, dan pengendalian atas unit tersebut dilaksanakan oleh dewan atau badan yang berwenang, atau

4. Memiliki hak untuk bertindak sebagai mayoritas dalam rapat dewan atau badan yang setara, dan kendali atas unit tersebut dilaksanakan oleh dewan atau badan tersebut.

 

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 403
Next post Asteroid Setan Diprediksi Muncul saat Gerhana Matahari Total 8 April 2024