Asteroid Setan Diprediksi Muncul saat Gerhana Matahari Total 8 April 2024

Read Time:1 Minute, 2 Second

NEW YORK – Pengamat matahari mungkin akan disuguhi sepasang tampilan gerhana khusus pada Senin, 8 April 2024.

Seperti dilansir Science Alert, pada Jumat (5/4/2024), bulan akan menutupi matahari di sebagian besar wilayah Amerika Serikat, membuat kota-kota dari Texas hingga Maine berada dalam kegelapan selama beberapa menit.

Namun, akan ada beberapa peristiwa astronomi yang menarik untuk disimak.

Untuk pertama kalinya dalam 71 tahun, asteroid 12P/Pons-Brooks, alias “Mother of Dragons” atau “Devil’s Comet”, mendekati Matahari. Tenang saja, komet ini tidak akan bertabrakan dengan Bumi.

Komet raksasa ini diperkirakan seukuran Gunung Everest dan mendapat julukan “Asteroid Setan” karena ledakan berbentuk tanduk di mantelnya – awan gas, debu, dan partikel es yang mengelilingi dasar komet. amplop samar-samar.

Saat gerhana matahari total, saat bulan menutupi matahari seluruhnya, langit akan sangat gelap sehingga Anda hampir bisa melihat mata iblis dengan mata telanjang. Anda juga bisa menggunakan teropong atau teleskop.

Astronot diperingatkan untuk tidak melihat langsung ke matahari saat terjadi gerhana matahari tanpa kacamata gerhana atau lensa filter matahari.

Satu-satunya pengecualian adalah jendela totalitas pendek, yang akan berlangsung beberapa menit, dan saat langit gelap, untuk dapat melihat Komet Setan jika langit cerah.

Untuk menemukan Pons-Brooks, lihat dulu gerhana planet Jupiter, akan tampak cahaya kecil terang di kiri atas.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Trivia Saham: Mengenal Gelembung Harga dan Tahapannya
Next post Ilmuwan Berhasil Pecahkan Teka-teki Mengapa Urine Berwarna Kuning