Urgensi Mempercepat Kehadiran Vaksin TBC Baru, Demi Capai Eliminasi Tuberkulosis di 2030

Read Time:1 Minute, 56 Second

robbanipress.co.id, Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Batavia Budi Gunadi Sadikin mengatakan, kebutuhan mendesak untuk menyediakan vaksin anti TBC atau tuberkulosis.

Menurut Budi, ketersediaan obat TBC baru dapat menjadi solusi ekonomi dan penyelamatan kesehatan bagi mereka yang menghadapi TBC. Termasuk mengurangi dampak ekonomi akibat biaya layanan kesehatan dan produktivitas.

“Jika pemberantasan TBC ingin tercapai pada tahun 2030, maka kita hanya mempunyai waktu 3 tahun untuk mengembangkan vaksin TBC sehingga dapat digunakan pada tahun 2028. Vaksinasi. Rapat Dewan Stop TB Society (STP) di Brazil City, Brazil dan surat dari Kementerian Kesehatan Indonesia.

Saat ini, hanya ada vaksin Bacillus Calmette-Guerin (BCG) yang memberikan perlindungan terbatas terhadap TBC parah pada bayi dan anak-anak. Namun hal ini tidak cukup untuk melindungi anak-anak dan orang dewasa dari TBC. Mahasiswa baru kedokteran TBC

Saat ini banyak masyarakat yang mencari vaksin TBC yang berpotensi mencegah TBC pada anak-anak dan orang dewasa. Vaksin ini diharapkan dapat menggantikan atau memperkuat vaksin BCG. Oleh karena itu, sangat diharapkan untuk mencegah kekambuhan pada pasien yang menyelesaikan pengobatan atau mengurangi durasi pengobatan.

Indonesia telah memulai tiga uji klinis kandidat vaksin TBC. Vaksin pertama datang dari Bill & Melinda Gates Foundation (BMGF). Vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi Inggris, GSK ini menggunakan protein rekombinan.

Untuk mengembangkan vaksin ini, telah dilakukan penelitian epidemiologi di Indonesia yang menunjukkan bahwa lebih dari 30 persen populasi dalam penelitian ini dapat tertular TBC.

Indonesia juga sedang berupaya mengembangkan obat anti TBC yang dikembangkan melalui kerja sama dengan perusahaan farmasi asal Tiongkok, CanSinoBio, dan perusahaan biofarmasi asal Indonesia, Etana. Pengembangan vaksin ini menggunakan vektor virus dan saat ini sedang dalam tahap uji klinis pertama.

Vaksin ketiga dikembangkan oleh perusahaan bioteknologi Jerman BioNTech dan perusahaan farmasi Indonesia Biofarma. Pengembangan obat ini menggunakan teknologi mRNA dan saat ini sedang dievaluasi untuk lokasi uji klinis kedua di Indonesia.

“Saya yakin dengan investasi ini, kita tidak hanya menyelamatkan nyawa, tapi juga meningkatkan perekonomian dalam jangka panjang,” kata Menteri Kesehatan Budi.

Indonesia mengalami jumlah tuberkulosis (TB) tertinggi sepanjang sejarah pada tahun 2022 dan 2023. Jumlah kasus tersebut meningkat sejak adanya sistem deteksi dan pelaporan pemerintah.

Lebih dari 724.000 kasus TBC baru didiagnosis pada tahun 2022 dan jumlahnya meningkat menjadi 809.000 pada tahun 2023.

Jumlah kasus ini jauh lebih tinggi dibandingkan sebelum pandemi COVID-19, yang rata-rata jumlah diagnosisnya di bawah 600.000 per tahun.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Pusat Komando Indosat Pantau Libur Nataru
Next post 5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali