Makin Banyak Copet Incar Turis Asing, Hati-Hati Saat Liburan di Thailand

Read Time:3 Minute, 44 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Thailand baru-baru ini melaporkan penangkapan pencopet yang menyasar turis asing. Terbaru, polisi setempat menangkap tiga pria Mongolia pada 23 Maret 2024 karena merampok turis asing (wisatawan) di destinasi populer di Potaya, Chon Bur, dan Bangkok.

Menurut The Thaiger, pada Rabu, 28 Maret 2024, Polisi Pariwisata dan Imigrasi mengidentifikasi Chon Buri dan lima pria Mongolia di Pattaya di sebuah hotel di On Nut, Bangkok. Di antara mereka, tiga orang diduga terlibat dalam beberapa insiden lalu lintas di Pattaya, Chon Buri, dan Bangkok, sedangkan dua tersangka lainnya belum dirilis.

Tiga backpacker asal Mongolia teridentifikasi: Naidan Nansalmaa (32), Gangzorig Avirmedi (25) dan Amabold Dorikhoroli (24). Penangkapan mereka menyusul pengaduan warga negara Tiongkok berusia 71 tahun, Su Yu Ying. Su mengajukan pengaduan ke polisi pada 8 Maret 2024, bahwa tas hitam berisi dompetnya dicuri di pasar terapung di Pattaya pada pukul 13.30 waktu setempat.

Dia kehilangan total uang 22.800 baht (sekitar R9,9 juta), termasuk uang tunai 4.200 yuan dan uang tunai 1.800 baht. Setelah melakukan penyelidikan, petugas berhasil mengidentifikasi pencuri asal Mongolia tersebut dengan melihat rekaman kamera keamanan yang diperoleh dari pasar terapung.

Polisi kemudian mengikuti mereka ke sebuah hotel di Bangkok dan berhasil menangkap tersangka. Tiga warga Mongolia mengaku melakukan pencopetan. Mereka mengaku mengincar turis asing di tempat-tempat wisata, bekerja dalam geng dan memberikan seluruh uang curian mereka kepada pemimpin geng mereka.

 

Pemimpin geng membagikan uang dan barang curian kepada anggota geng. Identitas pemimpin kelompok tersebut tidak diungkapkan kepada polisi. Mereka dijerat Pasal 334 KUHP karena mencuri barang orang lain. Pelanggaran ini dapat dihukum hingga tiga tahun penjara dan denda hingga 60.000 baht (sekitar RP 26 juta).

Selain itu, mereka telah membatalkan paspor mereka dan mengenakan pakaian hitam untuk mencegah mereka memasuki Thailand di masa depan dan melakukan kejahatan di negara tersebut. Sebelumnya, Administrasi Metropolitan Bangkok mengumumkan penyitaan tiga peluru saku dari Vietnam yang menargetkan pengunjung destinasi wisata.

Petugas polisi dari Kantor Polisi Istana Kerajaan Thailand mengatakan, korban adalah seorang turis wanita asal Malaysia yang sedang dalam perjalanan ke Wat Phra Chetuphon atau Wat Pho dan mengatakan dia kehilangan dompet dari tas bahunya. Di dalamnya ada enam ribu baht (sekitar 2,6 juta rupiah) dan empat kartu kredit, Khaosod melaporkan. 

Belakangan, polisi melakukan penyelidikan untuk mengidentifikasi pelaku kejahatan tersebut. Terakhir, pada 14 Maret 2024, sekitar pukul 21.00, mereka menangkap tiga warga negara Vietnam di Restoran Moo Krata di Distrik Dinh Daeng. Polisi juga menyita sebuah mesin kartu kredit, dua potong pakaian yang dikenakannya pada hari kejadian, sebuah mesin tik, dan sembilan puluh sembilan lembar kertas [109] .

Pihak berwenang mendakwa Vo Thi Anh TuYet (59), Nong Thi Chi (47) dan Nguyen Huu Van (53) atas perampokan tersebut. Tiga tersangka akhirnya mengaku bersalah. Kawasan yang dipilih adalah Wat Pho karena lebih banyak menarik wisatawan dibandingkan lokasi lainnya.

Pol. Wakil Kepala Polisi Provinsi Mayjen Nopasin Poonsawat menjelaskan, para penjahat sering mengunjungi tempat-tempat terkenal di Bangkok seperti Wat Phra Kaew dan Wat Pho, dan mengincar wisatawan asing.

Mereka akan berjalan dan menginjak punggung korban, berencana memanfaatkan kebingungan tersebut untuk mengambil tas dan mengambil barang curian. Ketika banyak pelancong tidak lagi membawa uang tunai, mereka mencuri kartu kredit mereka dan melakukan pembelian dengan mesin kartu.

Sementara itu, baru-baru ini diberitakan bahwa wisatawan Indonesia menjadi sasaran pemeriksaan acak oleh imigrasi Thailand, dan beberapa di antaranya ditolak masuk. Direktur Kebijakan dan Pelayanan Konsuler Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok Davy Lestar mengatakan, banyak kasus warga negara Indonesia (WNI) yang ditolak masuk ke Thailand karena tidak bisa menunjukkan bukti kapasitas.

“Dalam hal ini uangnya bisa kami tunjukkan kepada pegawainya,” ujarnya dalam wawancara dengan RRI yang diposting di akun Instagram KBRI Bangkok, Jumat, 23 Februari 2024. “Sungguh, tidak ada perbaikan semampu Anda. Ya, angsanya harusnya banyak, tapi tergantung kasus yang kita tangani, WNI itu datang membawa uang.

Divi mengaku timnya belum bisa mengetahui alasan pasti mengapa WNI menjalani pemeriksaan acak belakangan ini. “Adalah kebijaksanaan pihak berwenang Thailand untuk memutuskan siapa yang boleh masuk dan siapa yang tidak,” tambahnya.

“Namun seperti kita ketahui bersama, masih banyak masyarakat Indonesia yang menjadi korban penipuan, korban perdagangan orang, yang bekerja di sektor penipuan online yang tersebar di Thailand dan kemudian diangkut ke negara lain untuk dipekerjakan sebagai penipu. Dia menjelaskan.

“Hal seperti ini (pemeriksaan acak) juga dimaksudkan untuk mencegah situasi seperti ini,” kata Dewey. Selain itu, untuk mencegah kasus penahanan WNI dengan tujuan datang ke Thailand sebagai wisatawan. Beliau juga menyampaikan bahwa kami melakukan pemeriksaan fisik setelah mereka turun dari pesawat di area kedatangan sebelum menuju ke imigrasi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 6 Potret Kenangan Hilbram Dunar dan Keluarga, Meninggal Dunia di Usia 48 Tahun
Next post Goliath, Katak Terbesar di Dunia Terancam Punah