Goliath, Katak Terbesar di Dunia Terancam Punah

Read Time:1 Minute, 12 Second

JAKARTA – Gelar katak terbesar di dunia masih menjadi milik katak Goliat. Panjangnya bisa mencapai 32 cm dan beratnya mencapai 3,25 kg. Katak goliat hanya hidup di habitat aslinya di Kamerun dan Guinea Khatulistiwa di Afrika.

Kini populasi katak Goliat terus mengalami penurunan. Penurunannya cukup drastis, hingga 50 persen dalam tiga generasi terakhir. Hal ini disebabkan oleh aktivitas manusia seperti perburuan dan penggundulan hutan.

Oddity Central melaporkan, Rabu (27/3/2024), katak Goliat pun tak luput dari perburuan. Permintaan katak ini cukup tinggi di beberapa komunitas di Kamerun Barat Daya karena dianggap sebagai makanan lezat. Seekor katak goliat dapat dijual dengan harga hingga 15 USD, yang merupakan nilai yang sangat menarik di negara-negara seperti Kamerun dan Guinea Ekuatorial.

Selama bertahun-tahun, pemerintah Kamerun mengabaikan penurunan populasi katak Goliat. Namun atas desakan LSM konservasi, Suaka Herpetofauna Muanenguba akhirnya didirikan untuk melindungi beberapa spesies yang terancam punah, termasuk katak Goliat.

Meskipun ada upaya konservasi, para ilmuwan masih menemukan banyak hal yang tidak mereka ketahui tentang katak Goliat. Salah satu temuan terbaru adalah katak Goliat membangun kolam kecil dari bebatuan untuk melindungi telur dan kataknya dari predator dan fluktuasi air.

Para ilmuwan memperkirakan katak Goliat telah ada sejak 250 juta tahun yang lalu. Namun, jika upaya serius tidak dilakukan untuk melindungi habitatnya dan membatasi perburuan, mereka bisa punah dalam beberapa tahun.

Punahnya katak Goliat akan berdampak pada ekosistem hutan hujan Afrika. Katak goliat merupakan bagian penting dalam rantai makanan dan membantu mengendalikan populasi serangga.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Makin Banyak Copet Incar Turis Asing, Hati-Hati Saat Liburan di Thailand
Next post Neta Pamer Mobil SUV Baru Rp200 Jutaan