Ilmuwan Temukan Planet yang Terang Sepanjang Hari, Dekat dari Bumi?

Read Time:1 Minute, 28 Second

robbanipress.co.id, JAKARTA — Sekelompok astronom berhasil menemukan planet yang sisinya selalu terang sepanjang hari karena selalu menghadap bintang. Planet yang diberi nama WASP-43b ini terletak sekitar 280 tahun cahaya dari tata surya.

WASP-43b merupakan eksoplanet atau planet di luar tata surya yang terbuat dari gas mirip Jupiter. WASP-43b mengorbit bintang WASP-43 yang berjarak 1,3 juta mil atau sekitar 2 juta kilometer dari planet ekstrasurya.

Sebagai perbandingan, jarak Matahari dan planet Merkurius adalah 58 juta km. Artinya, jarak planet WASP-43b dengan bintang WASP-43 hanya sekitar 4 persen dari jarak Merkurius dan Matahari.

Jarak bintang ini yang sangat dekat membuat WASP-43b berada dalam kondisi pasang surut atau penguncian gravitasi. Artinya satu sisi WASP-43b selalu menghadap bintang WASP-43, dan sisi lainnya selalu tertutup kegelapan karena tidak menghadap bintang WASP-43.

Kondisi ini mirip dengan yang dialami Bulan. Akibat penguncian gravitasi, satu sisi Bulan selalu menghadap Bumi, dan sisi lainnya selalu menghadap Bumi.

Dengan menggunakan Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST), para astronom juga dapat memetakan kondisi cuaca WASP-43b. Salah satu fakta menarik yang ditemukan para ilmuwan adalah angin di ekuator WASP-43b bergerak dengan kecepatan 5000 meter per jam.

Menulis di jurnal Nature Astronomy, para astronom juga menemukan bahwa atmosfer WASP-43b sebagian besar terdiri dari hidrogen, air, dan helium. JWST bahkan memungkinkan para astronom melihat uap air di sisi WASP-43b yang selalu terang.

“(Teleskop) Hubble dan Spitzer telah menunjukkan kemungkinan adanya awan sisi gelap (WASP-43b). Namun kita memerlukan pengukuran yang lebih akurat dari JWST untuk mulai memetakan suhu, tutupan awan, angin, dan komposisi atmosfer terperinci lainnya di seluruh planet,” jelasnya. Taylor Bell, peneliti di Gulf Institute for Environmental Studies dan NASA Ames Research Center, seperti dilansir NewsWeek, Rabu (5 Januari 2024).

Dari JWST….

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Perbandingan Rudal Balistik Iran dan Israel, Siapa Lebih Kuat?
Next post Cara Mengatasi Bayi Susah BAB ketika MPASI, Pahami Penyebabnya