Apple Bakal Gandeng Samsung untuk Produksi iPhone Layar Lipat

Read Time:3 Minute, 19 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Apple dikabarkan akan merilis perangkat layar lipat dalam waktu dekat. Baru-baru ini, perusahaan mungkin telah menandatangani kesepakatan kemitraan dengan Samsung untuk mengerjakan perangkat layar lipat mereka.

Samsung merupakan produsen ponsel lipat terbesar di dunia yang berada di balik kolaborasi ini. Selain membuat ponsel lipat seperti Galaxy Z Flip dan Z Fold, Samsung juga membuat layar lipat sendiri.

Layar OLED besutan Samsung ini dinilai memiliki kualitas handal dengan warna cerah dan tingkat kecerahan prima.

Tak hanya itu, Samsung Display menjadi satu-satunya perusahaan yang terpikirkan oleh Apple untuk memenuhi besarnya permintaan layar lipat berskala besar, menurut headline Android Senin (13/4/2024).

Karena itulah Apple ingin berkolaborasi dengan Samsung untuk mengembangkan perangkat layar lipatnya sendiri.

Namun, masih belum diketahui perangkat layar lipat mana yang akan dikembangkan Apple, dengan beberapa rumor menyebutkan bahwa Apple akan bekerja pada iPhone yang dapat dilipat atau iPad dengan layar yang dapat dilipat.

Apple bisa dikatakan kalah saing dibandingkan perusahaan teknologi lainnya dalam menggunakan perangkat layar lipat. Seperti dilansir Android Headlines, Apple ingin membuat perangkat lipatnya sesempurna mungkin.

Jika Apple membuat perangkat yang dapat dilipat, kita berharap perangkat tersebut memiliki kualitas yang sama dengan perangkat Apple lainnya.

Sementara itu, Apple dikabarkan akan melakukan perbaikan lebih lanjut pada layar lipatnya. Informasi tersebut diketahui melalui laporan investor terbaru.

Analis Haidong International Securities Jeff Pu mengatakan Apple berencana memproduksi massal perangkat lipat berukuran 20,3 inci pada akhir tahun 2025, mengutip informasi dari 9to5Mac pada Selasa (7/5/2024).

Jika ulasan ini benar, Apple mungkin telah mempercepat pengembangan perangkatnya dengan layar gila. Laporan tersebut juga mengatakan hal ini dilakukan karena perusahaan melihat visibilitas yang lebih besar dalam hal rantai pasokan.

Pasalnya, menurut prediksi Ming-Chi Guo, Apple sendiri sedang mengembangkan MacBook layar lipat 20,3 inci yang diperkirakan akan dirilis pada tahun 2027. Ross Young mengatakan hal yang sama.

Namun, dengan diagnosis Jeff baru-baru ini, ada kemungkinan rencana tersebut akan lebih cepat dari perkiraan.

Menurut Jeff, perangkat layar lipat Apple ini akan menjadi lini produk baru perusahaan. Perangkat tersebut akan menyasar pasar kelas atas.

Menariknya, perusahaan yang berbasis di Cupertino ini sedang menjajaki dua pilihan ukuran layar untuk iPhone lipat, 7,9 inci dan 8,3 inci.

Selain merilis perangkat layar lipat, Apple akan segera memperkenalkan chatbot AI dengan ChatGPT di iPhone.

Informasi tentang kolaborasi dengan OpenAI ini dikonfirmasi oleh laporan penulis Bloomberg, Mark Gurman. Laporan Bloomberg melalui PhoneArena pada Minggu (12/5/2024) menyebutkan, “Apple menyelesaikan kesepakatan dengan OpenAI.

Menurut Mark Gurman, “Apple dan OpenAI sedang membicarakan beberapa fitur AI buatan — seperti chatbots — yang akan diperkenalkan tahun ini dengan iOS 18.”

Sayangnya, hal-hal apa saja tersebut masih belum diketahui. Namun berdasarkan informasi yang beredar, beberapa aplikasi iOS 18 akan terintegrasi dengan AI.

Beberapa alat ini termasuk Safari dan Pesan. Aplikasi bawaan iOS akan memiliki fitur AI yang dapat merangkum apa yang ada di layar menggunakan kata kunci.

Selain itu, perusahaan yang bermarkas di Cupertino itu juga ingin menyempurnakan asisten Siri. Siri disebut-sebut menjadi lebih pintar dengan teknologi AI ini.

Pada saat yang sama, OpenAI diyakini sedang mengerjakan asisten digitalnya sendiri, tidak diketahui apakah itu terkait dengan pengembangan Siri atau tidak.

Sejauh ini, perusahaan yang bermarkas di Cupertino itu belum membeberkan apa pun soal ponsel lipat.

Namun, hal ini tampaknya mulai berubah. Mengutip GSM Arena, Senin (5/2/2024), tahun 2026 atau 2027 adalah tahun peluncuran ponsel layar lipat Apple.

Informasi ini dilaporkan oleh sumber anonim di Korea. Ponsel Apple dikatakan memiliki layar utama berukuran 7 inci atau 8 inci.

Dengan perkembangan tersebut, ponsel Apple ini berpotensi menggantikan lini iPad Mini di pasaran dalam beberapa tahun ke depan.

Sayangnya spesifikasi dan fitur ponsel baru Apple ini belum diungkap. Baik Samsung Display maupun LG Display dikabarkan sama-sama menawarkan model panel layar lipat dengan ukuran 6 inci dan 7 inci.

Dengan ini, perusahaan yang didirikan Steve Jobs ini berpotensi memperluas lini produk layar lipatnya jika sukses di pasar ponsel.

Maka tak heran jika Apple meluncurkan produk layar lipat berukuran 20,25 inci ke pasaran pada tahun 2028. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Waskita Beton Precast Suplai Proyek Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat IKN
Next post Menantu Pedangdut Elvy Sukaesih Zecky Alatas Syok, Perolehan Suaranya di DPD Merosot Drastis