Argentina Dilanda Pneumonia Misterius yang Mirip Covid-19, Penderitanya Sakit Parah

Read Time:1 Minute, 4 Second

robbanipress.co.id, JAKARTA – Peringatan mendesak dikeluarkan pasca munculnya penyakit misterius mirip Covid-19. Penyakit ini membawa banyak penderita pneumonia parah ke Buenos Aires, Argentina.

Peringatan tersebut disampaikan oleh sistem kesehatan masyarakat internasional ProMED pada 17 April 2024. ProMED, sebuah program dari International Society of Diseases, mencatat peningkatan kasus pneumonia langka yang memerlukan perawatan kuat di Argentina dalam 30 hari terakhir. ibu Kota.

Kebanyakan pasiennya adalah kaum muda yang tidak berisiko tinggi. Pasien seringkali memerlukan bantuan pernapasan.

Dalam peringatan tersebut, 20 dari 60 kasus yang teridentifikasi menunjukkan gejala psittacosis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Chlamydophila psittaci dan umumnya dikaitkan dengan burung peliharaan seperti parkit dan parkit.

Namun, banyak orang yang terinfeksi tidak pernah melakukan kontak dengan burung. Psittacosis dapat menyebar melalui pasir dari kotoran dan sekresi burung yang terinfeksi.

Jika tidak diobati, penyakit ini bisa berakibat fatal. Sejauh ini, belum ada konsensus yang jelas bahwa psittacosis adalah penyebab utama wabah ini.

Namun, Profesor Paul Hunter, pakar penyakit menular di Universitas East Anglia, mengatakan kemungkinan adanya hubungan antara kasus-kasus ini dan unggas yang terinfeksi sangat tinggi. Hunter mengatakan kasus seperti ini bisa terjadi jika dua virus berbeda menyebabkan penyakit pernapasan pada saat bersamaan.

“Jadi, seiring berjalannya waktu, mungkin akan terlihat bahwa psittacosis adalah penyebab banyak kasus,” kata Hunter dilansir Express, Sabtu (20/04/2024).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Sebelum Meninggal Selebgram Bro Jabro Sempat Curhat Ditelantarkan Keluarga
Next post 403