Sikat Gigi Siang Hari Batalkan Puasa Ramadhan? Ini Kata Buya Yahya

Read Time:1 Minute, 7 Second

Batavia – Saat menjalankan puasa Ramadhan, tak sedikit umat Islam yang dibuat bingung dengan rumor yang beredar di antara mereka sendiri. Misalnya menyikat gigi di siang hari bisa membatalkan puasa.

Menyikat gigi di siang hari sering kali diperbincangkan saat bulan Ramadhan sendiri.

Lantas benarkah gigi bisa patah saat puasa?

Menanggapi hal tersebut, Kepala Pesantren Al Bahjah, KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya mengatakan, ia boleh berbuka puasa, memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya dan membiarkannya bermakna. dia melahapnya.

Jangan dikeluarkan sebelum tertelan, misalnya saat berkumur dengan obat kumur.

“Sikat gigi kembali ke yurisprudensi praktis. Ia membatalkan puasa, memasukkan sesuatu ke dalam mulut. Artinya dimasukkan ke dalam mulut, ditelan. Kelimpahan itulah yang mengosongkan, kata Buya Yahya di YouTube, dilihat Rabu, 20 Maret 2024.

Meski tidak berbuka, Buya Yahya tetap menganjurkan untuk menyikat gigi sebelum imsak agar pasta gigi tidak tertelan.

“Ada sikat di sikat gigi, kalau tertelan (saat puasa) rusak. “Karena ada sesuatu di dalam pasta gigi, ada perasaan kalau dimasukkan ke mulut tidak akan berfungsi,” ujarnya.

“Sebaiknya jaga kebersihan gigi sebelum memanggil Imsak. “Setelah sakit gigi, jangan menyikat gigi di siang hari. Kalau siang hari sikat jangan sampai tertelan, tapi hati-hati,” tutupnya.

  Manfaat Luar Biasa 10 Hari Pertama Dzulhijjah Umat Islam di seluruh dunia kini menyambut datangnya bulan Dzulhijjah, bulan yang penuh berkah dan kemuliaan. Apa yang sebelumnya? robbanipress.co.id.co.id pada 15 Juni 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 773 Lulusan Universitas Bakrie Memasuki Dunia Baru Siap Bersinergi untuk Indonesia
Next post Bule Ini Kagumi Sosok Guru Ngaji di Ambon yang Bisa 4 Bahasa Asing