Puluhan Perusahaan Kendaraan Listrik Telah Hadir di Indonesia

Read Time:1 Minute, 17 Second

Jakarta, 3 Maret 2024 – Industri kendaraan listrik Indonesia mengalami perkembangan pesat dengan total investasi mencapai Rp4,49 triliun. Hal ini menunjukkan optimisme investor terhadap masa depan industri ini di Tanah Air.

Direktur Industri Maritim Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Hendra Martono mengatakan, saat ini terdapat 4 perusahaan bus listrik di Indonesia dengan kapasitas produksi 1.980 unit per tahun dan total investasi Rp 0,36 triliun.

“Selain itu, saat ini terdapat 4 perusahaan kendaraan listrik dengan total kapasitas produksi 44 ribu unit/tahun. Total investasinya Rp3,27 triliun, ujarnya.

Industri roda dua dan tiga juga mengalami pertumbuhan positif dengan 54 perusahaan yang memproduksi kendaraan listrik tersebut. Total kapasitas produksinya mencapai 1,51 juta unit per tahun, dan total investasi mencapai Rp 0,86 triliun.

Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mengatasi perubahan iklim global, dan salah satu langkahnya adalah memperkuat industri dan populasi kendaraan listrik Indonesia. Hal ini dilakukan dengan memberikan berbagai insentif untuk mendorong pertumbuhan industri ini.

Industri otomotif Indonesia menargetkan memproduksi 400.000 kendaraan listrik roda empat atau lebih pada tahun 2025.

Produksi ini diharapkan dapat mengurangi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) sekitar 5 juta barel per tahun dan mengurangi emisi karbon sebesar 1,84 juta ton per tahun, ujarnya.

Untuk tahun 2030, mereka memasang target yang lebih ambisius lagi, yakni produksi 600 ribu mobil listrik dan bus listrik. Diperkirakan pengurangan konsumsi bahan bakar mencapai 7,5 juta barel dan emisi karbon sebesar 2,76 juta ton. (ant) 10 pabrik tekstil di Jateng tutup, 10 ribu karyawan di-PHK robbanipress.co.id.co.id 26 Juni 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Viral Foto Felix Stray Kids Jadi Relawan di Laos, Warganet Sebut seperti Malaikat
Next post Ciri-ciri iPhone HDC, Awas Jangan Tergiur Harga Murah!