Ayah Gigi dan Bella Hadid Sebut Joe Biden Penjahat Zionis, Protes AS Dukung Kejahatan Perang Israel Atas Palestina

Read Time:3 Minute, 46 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Israel tanpa pandang bulu menyerang warga Palestina di Gaza, bahkan warga yang mengantri bantuan kemanusiaan pada Kamis, 29 Februari 2024. Negara Zionis tidak peduli dengan hukum humaniter internasional karena sering kali dibela di Amerika Serikat (AS) ketika pertemuan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) membahas usulan pemberian sanksi atas kejahatan Israel.

Hal ini menambah kekesalan Mohammed Hadid, ayah dari supermodel Gigi dan Bella Hadid, yang lahir di Palestina. Dia mengajukannya kepada Joe Biden, presiden Amerika Serikat. Dia dianggap bertanggung jawab atas tragedi kemanusiaan yang terus berlanjut di negaranya.

Dia menyebut Biden sebagai “penjahat Zionis” dan mengklaim bahwa dia dan rakyatnya akan dianiaya seperti Nazi karena mendukung Israel. Mengutip NY Post, ia juga mengunggah video pada Selasa (3/5/2024) yang menampilkan seorang wanita berkata: “Persetan dengan Israel sampai akhir zaman” dan menyatakan: “Israel melakukan genosida di Jalur Gaza.”

“Ini adalah perang Biden melawan rakyat Palestina. Dia akan diadili bersama penjahat Zionis lainnya. Kami akan memburu mereka seperti mereka memburu Nazi,” tulisnya di Instagram story-nya pada Minggu, 3 Maret 2024. 

Postingan Hadid kemudian di-repost dalam sebuah video oleh Jeffrey D. Sachs, direktur Jaringan Pembangunan Berkelanjutan PBB. Ia percaya bahwa Amerika Serikat adalah kekuatan pendorong di belakang tindakan Israel di Gaza, Palestina, dan bahwa Amerika adalah satu-satunya negara yang dapat menghentikan tindakan mereka.

Ini bukan pertama kalinya Hadid membandingkan Israel dan pendukungnya dengan Nazi. Dalam postingan sesaat setelah serangan 7 Oktober 2023, Hamas mengunggah infografis yang membandingkan persamaan antara Israel dan Nazi Jerman, yakni kedua kelompok tersebut “melakukan hukuman kolektif” dan “mengusir jutaan warga dari rumahnya”.

“…Baik (Nazi maupun Israel) memberi dan melabeli korbannya sebagai teroris… Meski mencari perdamaian dalam aktivitas lain. Beberapa orang Palestina dan beberapa orang Yahudi bahkan mengganti nama mereka,” tulis Hadid di postingan yang telah dihapus tersebut.

Tak hanya Hadid, kedua anaknya pun sudah angkat bicara soal kemerdekaan Palestina, bahkan sebelum 7 Oktober 2023. Bella pernah memposting lebih dari 50 cerita di Instagram tentang negara Gaza yang dihancurkan oleh roket Israel.

Pada Senin, 13 November 2023, ia membagikan beberapa postingan online tentang kondisi di Gaza sebelum wilayah tersebut dibombardir oleh serangan Israel tanpa pandang bulu. Salah satunya adalah cuplikan kunjungan mendiang chef Anthony Bourdain ke Gaza pada tahun 2013 untuk acara memasak. Hal ini membuktikan meski ada pembatasan, masyarakat Gaza mampu bertahan dengan budaya kuliner yang bersumber dari kekayaan laut.

Bela kembali menyuarakan hak warga Palestina untuk terbebas dari pendudukan Israel. Dalam menghadapi serangan berulang kali oleh tentara negara tersebut di Gaza, model berusia 27 tahun ini kembali angkat bicara.

Pada Rabu, 14 Februari 2024 yang bertepatan dengan Hari Valentine, adik Gigi Hadid itu membagikan postingan di laman Instagram miliknya yang memperlihatkan gambar hati berwarna merah muda dengan tulisan: “Maukah kamu bebaskan Palestinaku?” dalam bahasa Inggris. Pada caption unggahannya, Bella menambahkan, ‘Setiap tahun. #freepalestine #faasfire SEKARANG #freeGaza #rafah.

Banyak yang tidak setuju dengan Bella dalam hal ini. Ia mengaku mendapat banyak ancaman pembunuhan usai mengutarakan pandangannya terhadap Palestina. “Banyak yang ingin kukatakan, tapi aku akan mempersingkatnya hari ini.” Saya mendapat ratusan ancaman pembunuhan setiap hari, nomor telepon saya bocor, dan keluarga saya merasa terancam.

Namun, dia tidak ingin tenggelam dalam ketakutan lagi. “Rasa takut bukanlah sebuah pilihan. Rakyat dan anak-anak Palestina, terutama yang tinggal di Jalur Gaza, tidak bisa bertahan jika kita diam. Kami tidak berani, mereka berani,” tulisnya dalam postingan Instagram pada Jumat, 27 Oktober 2023.

Bella Hadid mengaku hatinya sakit saat krisis Gaza. “Hati saya berdarah karena rasa sakit dan trauma yang saya saksikan serta trauma yang dibawa dalam darah Palestina saya selama beberapa generasi,” katanya.

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) merespons serangan Israel terhadap warga Palestina di Jalur Gaza sambil menunggu bantuan. “Indonesia mengutuk keras tindakan Israel yang menembaki warga sipil Palestina di Gaza yang menewaskan sedikitnya 100 orang yang sedang mencari bantuan kemanusiaan,” kata Kementerian Luar Negeri RI melalui platform X yakni Twitter, pada Sabtu, 2 Maret 2024.

Mengutip Global robbanipress.co.id, Kementerian Luar Negeri RI pun bertanya, “Apakah tragedi kemanusiaan ini masih belum cukup bagi Dewan Keamanan PBB untuk menyepakati resolusi gencatan senjata?”

Menurut VOA Indonesia, ada peningkatan seruan internasional untuk melakukan penyelidikan atas tragedi yang menewaskan 112 warga Palestina. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan “penyelidikan independen yang efektif” diperlukan untuk memahami penyebab dan siapa yang bertanggung jawab atas peristiwa mengerikan tersebut. Juru bicara Gedung Putih juga mengatakan insiden itu harus diselidiki secara menyeluruh.

Saksi mata Palestina menuduh tentara Israel melepaskan tembakan ke arah kerumunan orang yang menunggu bantuan dari konvoi yang mendekat. Israel membantah klaim tersebut dan mengatakan banyak orang tertabrak dan tertabrak oleh truk bantuan yang melarikan diri.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Bidik Pemuda 18 Tahun, Manchester United Kembali Diganggu Rival Liga Inggris
Next post Kepala BKKBN: Hampir Semua Perempuan Perokok Bayinya Pasti Kecil