Hidup dengan Mengontrak Rumah Bisa Sebabkan Penuaan Dini, Masa Iya?

Read Time:1 Minute, 33 Second

robbanipress.co.id Edukasi – sangat mirip dengan pilihan menyewa rumah di pedesaan. Selain menghemat biaya, menyewa rumah menjadi solusi permasalahan ekonomi. Namun siapa sangka dibalik kebaikan menyewa rumah terdapat beberapa dampak kesehatan yang dirasakan masyarakat.

Laporan dari New Atlas, Senin 16 Oktober 2023 Sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Adelaide, Australia Selatan, menemukan bahwa menyewa rumah pribadi dikaitkan dengan pertumbuhan yang lebih cepat atau pesat.

Peneliti mengatakan bahwa seseorang yang menyewa rumah mungkin terlihat lebih tua dari orang tuanya. Tanpa urutan kronologis berdasarkan tanggal dan tahun lahirnya. Studi ini menyoroti hubungan antara perumahan dan kesehatan.

Para peneliti menggunakan data survei sosial dan data epigenetik, yang mengukur metilasi untai DNA, untuk memahami pengaruhnya terhadap kesehatan keluarga. Metilasi DNA merupakan perubahan kimia pada DNA yang dapat mempengaruhi perilaku dan lingkungan, tanpa mengubah kode genetik.

 

Studi ini melibatkan 1.420 tanggapan dari British Household Longitudinal Study dan British Household Panel Survey. Para peneliti menganalisis berbagai faktor perumahan, termasuk kepemilikan tanah, jenis perumahan, dukungan keuangan pemerintah, dan lokasi tempat tinggal.

Mereka juga mempertimbangkan faktor psikologis seperti biaya perumahan, pembayaran utang dan berkumpul.

Dalam penelitian yang juga diterbitkan dalam Journal of Epidemiology and Public Health ini, peneliti mengamati faktor lain yang dapat mempengaruhi penuaan. Mulai dari gender, pendidikan, status sosial ekonomi, pola makan, stres, kesulitan keuangan, berat badan, dan merokok.

Hasilnya menunjukkan bahwa penyewa menua lebih cepat dibandingkan pemilik rumah. Risikonya hampir dua kali lebih tinggi pada pengangguran dan 50% lebih tinggi pada mantan perokok.

Namun, penting untuk dicatat bahwa tinggal di perumahan umum dengan harga yang murah dan perumahan yang lebih aman tidak berdampak signifikan terhadap proses penuaan, meskipun hal ini sering kali mendapat stigma dari masyarakat. Sekadar memberitahukan bahwa Alia Masood telah mempersiapkan rumah masa depannya bersama Zareq Halanter dan Alia Masood kini sedang mempersiapkan pernikahan yang ada di depan matanya. Usai upacara lamaran, ia sibuk mempersiapkan pernikahan. robbanipress.co.id.co.id 26 Juni 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Virgoun Minta Maaf ke Ibu dan Kakak, Sedih Ditangkap karena Kasus Narkoba
Next post Momen Unik Timnas Indonesia saat Tampil di Piala Dunia