Momen Unik Timnas Indonesia saat Tampil di Piala Dunia

Read Time:1 Minute, 21 Second

Ada momen spesial pada satu-satunya penampilan Timnas Prancis-Indonesia di Piala Dunia. Indonesia yang dahulu bernama Hindia Belanda tampil pada Piala Dunia 1938 di Prancis.

Saat itu, Ahmad Naveer direkrut menjadi kapten Hindia Belanda. Ia menjadi pemain pertama yang memakai kacamata di Piala Dunia.

Sejarah ditorehkan timnas Indonesia pada Piala Dunia 1938, ketika FIFA mengakui bahwa Indonesia alias Hindia Belanda atau Dutch East Indies menjadi tim Asia pertama yang mengikuti Piala Dunia.

Hindia Belanda bermain melawan Hongaria pada tanggal 5 Juni 1938 di Velodrom Kota Reims. Tampil dengan jersey pink, pemain India Belanda itu mengawali Mo Hen Tan, Frans Hoo Kon, Jack Samuels, dan Ahmad Naveer. .

Sayangnya, Hindia Belanda dikalahkan. Mereka kalah dari Hongaria 0-6. Gol Hongaria dicetak oleh Vilmos Kohut (14′), Geza Toldi (16′), Gorgis Sarosi (25′, 88′) dan Gyula Zsengeller (30′, 67′). Hindia Belanda pun harus tersingkir karena Piala Dunia saat itu menggunakan sistem gugur.

Situs resmi FIFA menyebut duel tersebut memiliki beberapa momen menarik. Kapten Hongaria Gorgy Sarosi dan kapten Hindia Belanda Ahmad Navir keduanya memiliki gelar kedokteran.

Navir memakai kacamata selama pertandingan. Pemain yang bermain untuk HBS Soerabaja ini menjadi pemain pertama yang berkacamata di Piala Dunia, bersama Edgar Davids melawan Belanda, 60 tahun kemudian pada tahun 1998.

Naveer dan hampir seluruh rekan satu timnya saat itu hanya memainkan dua pertandingan internasional. Tak lama setelah Hongaria bermain di Piala Dunia, mereka menghadapi Belanda dalam pertandingan persahabatan. Pada laga ini Hindia Belanda kalah 2-9. Tanggapan Ragnar Oratmangoen terhadap konser Anang-Ashanti di Stadion BK meminta Mamat Alkatiri menjelaskan penampilan Anang Germansia dan Ashanti di Stadion Utama Gelora Bung Karno. robbanipress.co.id.co.id 26 Juni 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Hidup dengan Mengontrak Rumah Bisa Sebabkan Penuaan Dini, Masa Iya?
Next post Enam Bulan di Angkasa, 3 Astronaut China Kembali ke Bumi dengan Selamat