Enam Bulan di Angkasa, 3 Astronaut China Kembali ke Bumi dengan Selamat

Read Time:2 Minute, 1 Second

robbanipress.co.id, JAKARTA — Tiga astronot China kembali dengan selamat ke Bumi pada Selasa (30/4/2024). Ketiga astronot tersebut sebelumnya menghabiskan enam bulan di Stasiun Luar Angkasa Tiangong.

Pada tanggal 30 April 2024 pukul 05.46 ET (30 April 2024 pukul 16.46 WIB) tiga astronot, Tang Hongbo, Tang Shengzhi dan Daerah Otonomi Jiang.

Astronot mendarat di Bumi dengan kapsul kembali. Sejumlah besar kru penyelamat menunggu untuk membantu para astronot di lokasi pendaratan.

Komandan Tang Hongbo menjadi astronot pertama yang meninggalkan kapsul tersebut. Setelah beberapa saat, Tang berkata bahwa dia bangga dengan negaranya dan bersyukur telah mengalami musim yang begitu indah ketika dia pergi dan kembali.

“Saya pergi pada musim gugur dan kembali pada musim semi, dan saya rasa saya melewati musim yang paling indah,” kata Tang, dilansir SpaceNews, Rabu (1/5/2024).

Tang mengatakan, selama 180 hari berada di luar angkasa, dia melakukan semua tugasnya dengan baik. Namun terlepas dari pengalamannya yang luar biasa, Tang mengakui bahwa dia merindukan rumah setiap kali dia berada di tanah Tiongkok.

“Setiap kali aku melewati kampung halamanku, aku merindukan rumahku,” lanjut Tang.

Tang dan dua astronot merupakan bagian dari kru Shenzhou-17, yang akan melanjutkan pekerjaan kru Shenzhou-16 di Tiangong. Awak Shenzhou-17 meluncur ke Tiangang pada 25 Oktober 2023.

Pada tanggal 25 April 2024, kru Shenzo-17 menyambut kedatangan kru Shenzo-18 yang dipimpin oleh Komandan Ye Guangfu. Awak Shenzhou-18 akan merebut Tiangong dan melanjutkan pekerjaan kru Shenzhou-17 di stasiun luar angkasa. Pada tanggal 28 April 2024, awak Shenzhou-17 mengadakan upacara serah terima sebelum kembali ke Bumi.

Saat bekerja di Tiangong, kru Shenzhou-17 melakukan dua kali perjalanan luar angkasa, atau operasi, untuk melakukan pekerjaan perbaikan dan pemeliharaan panel surya di luar stasiun luar angkasa. Panel surya sebelumnya rusak akibat dampak mikrometeorid.

Tiga awak Shenzhou-17 mengawasi kedatangan kargo Tianzhou-7 pada Januari lalu. Selain itu, ketiga astronot Shenzhou-17 mengirimkan ucapan Tahun Baru Imlek kepada pemirsa televisi di Bumi dan berpartisipasi dalam eksperimen EEG yang berfokus pada keadaan otak manusia di luar angkasa.

Di sisi lain, tim telah melakukan 84 tes di orbit dan menyiapkan lebih dari 200 model untuk China Central Television (CCTV). Setelah kembali ke Bumi, kru Shenzhou-17 membawa kembali lebih dari 400 objek yang terekspos di luar angkasa.

Awak Shenzhou-18 akan melakukan lebih dari 90 tes di Tiangong. Selain itu mereka juga akan melakukan dua atau tiga aksi di luar stasiun. Gambar Adisha Ramadhan

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Momen Unik Timnas Indonesia saat Tampil di Piala Dunia
Next post 7 Waktu Mustajab untuk Memperbanyak Doa di Bulan Ramadhan