Kata Menkes Budi Usai Uji Coba Jaringan Internet Starlink Punya Elon Musk

Read Time:2 Minute, 3 Second

robbanipress.co.id, Jakarta Usai uji coba jaringan satelit Starlink yang mencakup Internet berkecepatan tinggi, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin optimistis layanan antar puskesmas daerah bisa terkoneksi.

Proses Starlink berlangsung kemarin, Minggu 19 Mei 2024 sore. Pengujian dilakukan di tiga lokasi yakni Puskesmas Sumerta Kelod Denpasar, Puskesmas Bungbungan Klungkung dan Puskesmas Tabarfane, Kepulauan Aru, Maluku.

Menurut Menkes Budi, uji koneksi internet Starlink berjalan dengan baik. Layanan internet Starlink, berdasarkan video yang ditampilkan di layar, membantu menghubungkan fasilitas pelayanan kesehatan dasar di wilayah tersebut dengan baik.

Selain itu, koneksi Internet Starlink memungkinkan pengumpulan data vaksinasi, skrining penyakit tidak menular (NCD) dan penimbangan bayi digital secara cepat di aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK).

Berdasarkan hasil kajian tersebut, Menkes Budi optimistis pelayanan kesehatan di seluruh Puskesmas dan di Pust ke depan bisa saling terhubung sehingga pelayanan yang diberikan antara fasilitas kesehatan di perkotaan maupun di daerah terpencil dan terluar bisa sama. berkualitas dibandingkan daerah lain.

“Kami memiliki 10.000 Puskesmas yang sedang kami digitalisasi, sehingga layanan yang sebelumnya tidak dapat diberikan di Puskesmas dan menyulitkan masyarakat, kini tersedia dengan Starlink, sehingga layanannya tidak banyak, di berbagai perkotaan,” Budi dikatakan.

Pelayanan kesehatan bisa menjadi lebih inklusif

Turut hadir Ketua DTO Kementerian Kesehatan Setiaji yang mengatakan penguatan konektivitas internet akan membuat akses layanan kesehatan menjadi lebih inklusif, artinya seluruh wilayah di Indonesia bisa diakses.

“Saat ini (layanan kesehatan) sudah tersebar luas di perkotaan, permasalahannya terkait dengan akses internet, sehingga nantinya masyarakat, terutama yang berada di daerah terpencil, akan dapat memanfaatkan akses internet untuk menggunakan layanan kesehatan seperti telemedicine,” kata Setiaji dalam sebuah pernyataan. laporan. . surat Opini diterima dari robbanipress.co.id.

CEO Starlink Elon Musk yang turut hadir dalam uji coba tersebut mengaku senang bisa menghadirkan teknologi internet Starlink ke Indonesia.

Keberadaan Starlink akan membawa banyak manfaat nyata bagi Indonesia, khususnya menghubungkan pulau-pulau terpencil dengan Internet.

“Saya tegaskan koneksi internet itu sangat penting karena bisa membantu banyak hal,” kata Elon.

 

Dalam persidangan kemarin, Dr Christian Sihombing, Kepala Puskesmas Tabarfane di Kepulauan Aru, Maluku, mengatakan wilayahnya selama ini kesulitan membangun jaringan internet.

“Dulu kami banyak kesulitan dalam memasukkan informasi kesehatan karena internet di sini sangat lambat, sehingga kami sering pergi ke kabupaten/kota yang jaraknya 200 mil, yang memakan waktu dua hingga tiga jam dengan speedboat,” kata Christian.

Christian juga berharap program Starlink untuk fasilitas kesehatan primer tidak berhenti di tengah jalan dan dapat terus berlanjut.

“Sehingga kita dapat dengan cepat mencatat layanan kesehatan dan data kesehatan di masa depan.” “Dan kami benar-benar akan membantu masyarakat di sini,” harapnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post eFootball 2024 Pamerkan Wajah Asli Pemain Timnas Indonesia, Ada Rafael Struick Hingga Justin Hubner
Next post Prediksi Liga Europa: Slavia Prague vs AC Milan