Lusa, 10 Ribu Alumni Gelar Tajamuk dan Jalan Sehat Peringati 1 Abad Gontor di Monas

Read Time:2 Minute, 29 Second

Jakarta – Mantan santri Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor akan mengikuti ‘Jalan Sehat 100 Tahun Tajamuk dan Gontor’ tahun 2023 yang dilaksanakan pada saat kegiatan Car Free Day. 22 Oktober Minggu Acara tersebut akan digelar di Jakarta Pusat. Program ini rencananya akan menjangkau puluhan ribu alumni Gontor dari berbagai daerah, wali murid, dan masyarakat umum. 

Lukman Hakim Arifin, perwakilan panitia proyek ‘100 Tahun Gontor Tajamuk dan Jalan Sehat’, mengadakan pertemuan ini dalam rangka perayaan 100 tahun Pondok Modern Gontor. Panitia berkoordinasi dengan pihak keamanan demi kelancaran upacara.

Perayaan HUT Gontor yang ke-100 dimulai pada 27 September 2023 dengan menghadirkan pelajar dari seluruh tanah air. Bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awwal 1445 Hijriah yang ditandai dengan acara syukuran serentak yang dihadiri para guru dan alumni. 

Tajamuk dalam bahasa Arab artinya al Gontory, berkumpul untuk beramal shaleh dan bersyukur atas bangunan baru kita kepada Allah selama 100 tahun, kata Lukman Hakim dalam jumpa pers di Kemang. daerah Jakarta Selatan Jumat 20 Oktober 2023.

“Perayaan HUT ke-100 akan dilaksanakan pada tanggal 27 September 2023 di Gontor, Ponorogo, dan kami ingin membawa rasa bangga dan terima kasih kepada Jakarta,” imbuhnya.

Lukman menjelaskan, perayaan 100 Tahun Jalan Sehat Tajamuk dan Gontor akan dimulai pada pukul 05.30 WIB dengan tempat pertemuan di kawasan Monas. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya ‘Oh Pondokku’, kesehatan dan jalan kaki.

Nantinya, Ketua Pondok Modern Gontor KH Hasan Abdullah Sahal mengatur jalan kaki dari gerbang tenggara Monas hingga Bundaran HI, katanya.

Lukman mengatakan, alumni dan masyarakat yang mengikuti acara Jalan Sehat 100 Tahun Tajamuk dan Gontor tidak diperkenankan membawa slogan organisasi atau partai politik mana pun. 

“Bendera partai politik, Tanpa bendera, kami mohon kepada alumni lainnya untuk berjalan cerdas dan sehat di hari bebas lalu lintas,” ujarnya.

Foto alumni Gontor

Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua Dewan Pilihan Rakyat India yang juga anggota Dewan Wakaf Gontor menyampaikan apresiasinya atas acara ‘100 Tahun Gontor Tajamuk dan Jalan Sehat’ yang digelar di Monas besok. 

Gontor kini telah berusia 100 tahun secara Hijriah pada tanggal 12 Rabiul Awwal 1445 H, namun secara Masehi baru akan diperingati pada tahun 2026. 

“Baru kali ini kami mengadakan jalan kesehatan bersama anggota Gontor, apalagi insya Allah jumlahnya sekitar 10.000 agar Muri bisa ikut,” kata politikus itu.

Alumni Gontor lainnya, Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, program ‘Tajamuk’ merupakan cara berpikir alumni Gontor. Menurutnya, Tajamuk adalah bahasa mahasiswa dan alumni Gontor.

“Kalau alumni kita ingin berkumpul lagi seperti dulu di Gontor. Jadi setiap alumni, berapa pun usianya, melewatkan kesempatan untuk berkumpul lagi, namanya Tajamuk, istimewa,” kata Lukman.

Lukman mengaku bersyukur mendapat kesempatan kuliah di Gontor. dengan dia Buah dari ilmu Gontor masih terasa hingga saat ini. “Sebagai wujud rasa syukur, rasa syukur ini akan berdampak pada kita semua ketika kita secara kolektif sehat jasmani,” ujarnya. MEG Cheese, brand keju yang diakui secara nasional, merayakan MEG Cheese Day 2024 dalam rangka memperingati Hari Keju Internasional atau Cheese Day. Acara ini akan diadakan pada tanggal 3-22 Juni 2024 di robbanipress.co.id co.id 2024.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Viral Video Wali Kota Bima Arya Tegur Kepala Sekolah SDN
Next post 403