Tak Bisa Mendengar Mendadak Termasuk Kondisi Berbahaya, Segera ke Dokter THT

Read Time:1 Minute, 35 Second

robbanipress.co.id, Jakarta Jika Anda mengalami tuli mendadak atau tuli mendadak, segera konsultasikan ke dokter. Ini merupakan keadaan darurat yang perlu ditangani dengan cepat, kata Dokter Spesialis Bedah Kepala dan Leher (THT-BKL) Karthik Hazarani.

“Kalau ada teman-teman yang merasa telinganya tiba-tiba tertutup, merasakan perbedaan di sisi kanan dan kiri, atau tiba-tiba kedua telinganya masih mendengar, pokoknya rasanya tertutup, tiba-tiba, sudah lebih dari tiga jam. .Agar lebih lama, “segera ke dokter karena berbahaya,” kata Karthika dalam diskusi online.

Kondisi ini harus ditangani dalam waktu 3 x 24 jam. Dokter perlu segera menemukan penyebab kelainan tersebut agar obat anti inflamasi dapat segera diberikan pada sel pendengaran tempat kelainan tersebut terjadi.

Jika korban mendapat pertolongan segera dalam waktu tersebut, maka korban tuli mendadak mempunyai peluang untuk memulihkan pendengarannya.

Penyebab tuli mendadak belum diketahui

Dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Pusat Infeksi Suliyanti Saroso (RSPI) Jakarta ini mengatakan, penyebab gangguan pendengaran mendadak atau tuli mendadak masih belum diketahui.

“Sampai saat ini, terkadang kita belum mengetahui penyebab pastinya. Ada yang bilang karena virus, atau penyumbatan pembuluh darah secara tiba-tiba, atau ketidakseimbangan ion,” kata Kartika seperti dikutip Inter, Kamis (29/2). /2024 ).

Karthika membeberkan banyaknya bahaya gangguan pendengaran. Seiring dengan faktor usia yang menjadi salah satu penyebab utama gangguan pendengaran, dapat menyebabkan tuli mendadak.

Risikonya bisa meningkat jika penderitanya memiliki penyakit bawaan atau penyakit penyerta, diabetes, darah tinggi, dan kolesterol.

“Mungkin karena hal sepele seperti anting atau kotoran telinga, misalnya pasien mengupil dengan kapas atau alat lain, jadi bukannya kotorannya keluar, malah tersumbat sehingga menyebabkan gangguan pendengaran, karena tertutup debu. ,” kata Kartika.

Kartika menjelaskan, tidak perlu membersihkan telinga secara mendalam dengan cotton bud atau ear stick. Kotoran telinga akan menumpuk di bagian luar, jadi sebaiknya bersihkan saat mandi atau mencuci.

Oleh karena itu Kartika mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan telinga tanpa harus membersihkan telinga. Kemudian, jika Anda melihat ada masalah, segera periksakan telinga Anda ke dokter THT.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Tips Padu Padan Motif Ceria: Saatnya Tampil Playful dan Berani!
Next post Daftar Cheat GTA 5 Lengkap untuk PC, Buat Pengalaman Bermain Semakin Seru