UMSU Sabet 2 Emas dan 1 Perak di MTQ Mahasiswa Nasional

Read Time:2 Minute, 4 Second

Malang – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) sukses meraih 2 emas, 1 perak, dan 1 medali pada Kompetisi Pengajian Al-Quran Masabaqa Mahasiswa Tingkat Nasional Tahun 2023 yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya, Malang.

Medali yang diraih pada MTQMN diraih dengan menempati posisi pertama pada siaran putra atas nama Daoud Sethors. Kemudian peraih Juara I Rahang Hafalan ke 10 adalah Mursyed Effendi Rangkoti, Juara II bernama Qarat Saba (Adnan Tamnagar) dan Juara I Nasrullah Jameel pada tanggal 30 Dzul Hajj.

Presiden UMSU, Prof. Agusani, MAP mengungkapkan rasa bangga atas keberhasilan yang diraih mahasiswa pada ajang MTQMN 2023 di Universitas Brawijaya Malang. Dikatakannya pada Jumat, 10 November 2023, “Selamat kepada seluruh tim, Qori dan Qoriya yang telah meraih prestasi membanggakan pada kompetisi MTQMN 2023.”

Agusani menjelaskan, prestasi membanggakan yang diraih mahasiswa pada ajang MTQMN 2023 merupakan bukti komitmen kampus terhadap kemajuan kemahasiswaan yang tidak hanya berfokus pada aspek akademik saja.

UMSU juga memberikan ruang dan kesempatan yang luas kepada mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuannya dalam seni mengaji.

Dukungan Universitas terhadap setiap mahasiswa untuk mengembangkan potensinya secara maksimal tidak hanya sebatas memberikan peluang kompetitif namun juga menyediakan sarana dan prasarana untuk praktik.

“UMSU menyediakan wadah salah satunya Lembaga Pengajaran Pengajian Al-Quran (LPTQ) bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi keterampilan dalam seni mengaji dan menghafal Al-Quran,” ujarnya.

Ia berharap prestasi yang diraih pada ajang MTQMN 2023 dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya. “Semoga prestasi ini dapat menjadi penyemangat bagi mahasiswa lainnya untuk memperbaiki dan meningkatkan ketrampilan dan kemampuannya,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III UMSU Dr. Rodianto, MSi yang mendampingi langsung para mahasiswa dan hadir dalam acara tersebut menjelaskan, MTQMN merupakan ajang yang sangat bergengsi karena diikuti oleh seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Artinya persaingan meraih prestasi sangat ketat, karena setiap peserta berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai yang terbaik.

Musabaqa Pelajar Nasional Pengajian Al-Qur’an (MTQ) merupakan ajang bergengsi yang diselenggarakan dua tahun sekali. MTQMN dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam bidang Masabaqa Pengajian Al-Qur’an (MTQ). 

Rudianto menambahkan, UMSU sebagai perguruan tinggi muhammadiyah berupaya keras untuk meraih prestasi MTQMN 2023. Mahasiswa peserta MTQMN secara rutin melatih dan mengembangkan kemampuannya melalui Lembaga Pendidikan Pengajian Al-Qur’an UMSU.

Baca artikel edukasi menarik lainnya di tautan ini. Dengan jumlah mahasiswa sebanyak 11.150 orang, UGM memegang rekor MURI dengan penerimaan terbanyak. Jumat ini, 28 Juni 2024, sebanyak 7.162 mahasiswa KKN UGM dan 3.988 mahasiswa berbagai fakultas di UGM melakukan aksi walk out. robbanipress.co.id.co.id 30 Juni 2024.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Fitur Circle to Search Google Bakal Bisa Terjemahkan Bahasa
Next post Mau Pendaftaran PPDB Lancar? Orang Tua Perhatikan 4 Hal Ini