Ingin Produksi ASI Berlimpah dan Berkualitas? Ibu Bekerja Perlu Perah Setiap Tiga Jam

Read Time:1 Minute, 11 Second

robbanipress.co.id, JAKARTA — Cuti melahirkan sudah hampir berakhir? Perlu diketahui ibu bekerja bahwa untuk memenuhi kebutuhan bayi usia tiga bulan setidaknya perlu menyiapkan 500-600 meter kubik. melihat

 

“Jika seorang ibu bekerja 12 jam sehari, maka ia harus mendapatkan ASI perah minimal 600 ml untuk bayi berusia tiga bulan,” kata dokter spesialis anak I Gusti Ayu Nyoman Partiwi pada acara edukasi Kampanye ASI di Jakarta. di hari Rabu. (06/03/2024).

 

Dokter jebolan Universitas Indonesia ini mengatakan, kebutuhan bayi akan ASI bisa dihitung dengan mengalikan berat badan bayi dengan 150-180 cm3. Jika bayi usia dua hingga tiga bulan memiliki berat badan 5 kilogram, kebutuhan ASInya bisa mencapai 750 sentimeter kubik – 1 liter.

Pertambahan berat badan bayi juga bergantung pada ASI yang dikonsumsi ibu. Idealnya, seorang anak harus menambah berat badannya sebanyak 20-40 gram per hari selama tiga bulan pertama. Jika anak kecil atau berat badannya kurang dari 1200 gram per bulan, maka kualitas ASI dapat dikatakan buruk.

 

Dr Prathivi alias dr Tivi juga mengatakan, ASI yang baik adalah ASI yang berlemak dan ditandai dengan ASI yang lebih kental atau belakang. Sedangkan ASI encer atau kolostrum banyak mengandung laktosa sehingga baik untuk pencernaan.

“Biasanya, jika ASI kental, ASI mengandung banyak lemak, sehingga menyebabkan penambahan berat badan dan perkembangan otak. Bukan berarti ASI cair berbahaya, melainkan kolostrum dengan kandungan laktosa dan protein yang tinggi.” yang baik untuk pencernaan,” kata dokter spesialis anak RS Bunda Jakarta.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Cara Mudah Mengajukan KUR BRI Online, Simak Persyaratan dan Macam-macamnya
Next post Pemerintah Bocorkan Soal Potensi Harga BBM Naik per 1 Juli Nanti