Ini 3 Manajer Sepak Bola Termahal Sepanjang Masa, Bayarannya Fantastis

Read Time:6 Minute, 21 Second

robbanipress.co.id – Saat klub-klub papan atas seperti Chelsea, Liverpool, Manchester United, Bayern Munich, dan Barcelona sedang mencari manajer, ada banyak kandidat nama besar yang tersedia. Ruben Amorim dan Xabi Alonso khususnya adalah nama-nama yang banyak dibicarakan para penggemar. Namun sepertinya akan dibanderol dengan harga yang mahal.

Namun berapa harga manajer termahal sepanjang masa? Dari TEAMTalk, inilah tiga manajer termahal sepanjang masa 1. Julian Nagelsmann – RB Leipzig hingga Bayern Munich seharga £21,7 juta (sekitar Rp433.048.672.000)

Pada suatu saat, Nagelsmann berpikir bahwa salah satu manajernya akan menjadi salah satu yang terbaik di masa depan. Dinobatkan sebagai Manajer Bundesliga pada musim 2016/17 membuat publik sadar sudah berapa lama ia berada di dunia ini. 

Namun, yang paling menakjubkan adalah usianya kini baru menginjak 36 tahun. Saat diangkat menjadi manajer Hoffenheim, Nagelsmann baru berusia 29 tahun! Untuk manajer muda seperti dia, dia telah mencapai banyak hal dan memberikan banyak kesan di berbagai tahapan.

Ia pindah ke RB Leipzig pada tahun 2019, membawa gaya menyerang yang dipadukan dengan gaya agresif Red Bull. Di Leipzig, ia meninggalkan kesan besar. Di sinilah dia mencapai puncaknya. Setiap tahun, mereka terus menjadi lebih baik. 

Pada musim 2019-20, Leipzig finis ketiga di Bundesliga dan mencapai semifinal Liga Champions UEFA, sebuah pencapaian luar biasa bagi pelatih dan tim muda.

Dayot Upamecano, Ibrahima Konate, Christopher Nkunku, Dani Olmo, Marcel Sabitzer, Timo Werner, Ademola Lookman, Tyler Adams, Ethan Ampadu dan masih banyak pemain hebat lainnya di tim. Pada musim berikutnya (2020/21), Leipzig finis kedua di belakang juara bertahan Bayern Munich. 

Mereka juga menempati posisi kedua di DFB-Pokal setelah Borussia Dortmund, di belakang PSG dan mengungguli Manchester United dan Istanbul Basaksehir di babak penyisihan grup Liga Champions, sebelum disingkirkan Liverpool di babak 16 besar. Itu adalah musim yang sukses bagi Leipzig dan merupakan pencapaian tertinggi dalam dua musim berturut-turut.

Jelas bahwa Bayern ingin melemahkan lawannya dengan memperkuat diri dengan merekrut pemain favorit sang manajer. Selama berada di Bayern Munich, Nagelsmann memenangkan satu gelar Bundesliga dan dua Piala Super Jerman. 

Namun, di musim pertamanya (2021/22), timnya disingkirkan Villarreal asuhan Unai Emery di babak perempat final, 2-1. Ini adalah akhir yang mengecewakan dalam kampanye Liga Champions mereka karena mereka berupaya mencapai semifinal, dengan Bayern selalu menjadi favorit.

Mereka juga berhasil menjuarai liga dan Piala Super, namun tersingkir dari DFB-Pokal di babak kedua dengan kemenangan 5-0 atas Borussia Monchengladbach. Dengan manajer muda seperti Nagelsmann, hal ini membutuhkan waktu karena mereka sering belajar sambil bekerja dan tidak memiliki pengalaman, terutama di level tertinggi sepakbola di mana ekspektasinya tinggi. Namun waktu yang diberikan tidak cukup dan ia dilepas pada pertengahan musim 2022/23.

Setelah itu, Nagelsmann kini menjadi manajer Jerman. Ini adalah proyek besar lainnya. Namun sepertinya dia akan pindah dalam waktu dekat karena banyak tim papan atas yang membutuhkan manajer jangka panjang berikutnya. Graham Potter – Brighton ke Chelsea seharga £20 juta (sekitar Rp399.113.777.400)

Yang lainnya adalah Graham Potter, manajer Inggris. Kepindahannya tersebut merupakan respon atas peningkatan performanya di Brighton pada musim 2022/23.

Potter mulai menangani Brighton pada tahun 2019 setelah pindah dari Swansea City. Pada musim 2018/19, Chris Hughton menjadi manajer Brighton, dan Potter bergabung pada bulan Mei. Brighton finis di urutan ke-17 musim itu, dan di musim penuh pertama Potter, mereka finis di urutan ke-15 di Liga Premier.

Musim berikutnya, dia finis di urutan ke-16. Meski peningkatan mereka hanya sedikit di atas kertas, namun di atas lapangan permainan mereka semakin seru dan agresif. Lebih menonjol lagi pada musim berikutnya (2021/22), di mana Brighton finis di peringkat 9, termasuk kemenangan 4-0 atas Manchester United di akhir musim.

Dan, pada musim berikutnya, Potter didatangkan Chelsea untuk menggantikan Thomas Tuchel yang dipecat pada September 2022 menyusul rumor konflik dengan manajer baru Todd Boehly.

Kedatangan Potter nampaknya menjadi awal era baru bagi Chelsea, mengubah strategi rekrutmennya menjadi fokus mendatangkan lebih banyak pemain muda berkualitas. Untuk berhasil dalam strategi ini, mereka membutuhkan manajer yang percaya pada pemain muda dan bisa menjadi orang yang baik untuk membiayai klub.

Potter cocok dengan deskripsi ini dan didatangkan untuk memecahkan rekor transfer di sepak bola Inggris. Todd Boehly, direktur klub, terinspirasi oleh apa yang dilakukan Potter di Brighton dan ingin menggunakannya di Chelsea. 

Potter adalah salah satu dari 11 staf Brighton yang direkrut Boehly untuk bergabung dengan Chelsea dalam 17 bulan. Beberapa diantaranya adalah asisten Potter, Bruno Saltor (yang kemudian menjadi manajer sementara setelah pemecatan Potter), Paul Winstanley dan pemain lain seperti Robert Sanchez, Marc Cucurella dan Moises Caicedo.

Tak heran jika salah satu calon sutradara selanjutnya adalah Roberto De Zerbi. Namun, karir Potter di Chelsea terhenti ketika dia dipecat pada bulan April, tujuh bulan setelah kedatangannya. 

Meskipun musim ini belum berakhir, sepertinya ini adalah akhir yang aneh mengingat banyaknya uang yang dihabiskan untuk merekrut dan memecat seorang pemain dalam waktu yang begitu singkat.

Ketika kontrak Potter masuk, nilainya lebih dari £50 juta selama lima tahun. Ketika dia dipecat, Chelsea harus membayar kompensasi yang besar, menjadikan Potter sebagai investasi besar bagi klub dalam waktu tujuh bulan.

Meskipun dia belum bergabung dengan klub lain sejak meninggalkan Chelsea, dengan rumor yang mengaitkannya dengan klub seperti Manchester United, kita tidak mungkin melihatnya di Liga Premier dalam waktu dekat.3. Andre Villas-Boas – FC Porto ke Chelsea seharga £13,3 juta (sekitar Rp 265.410.661.971)

Hal yang mengejutkan tentang biaya transfer ini adalah, meskipun merupakan yang tertinggi ketiga, namun merupakan transaksi yang paling lambat. Villas-Boas bergabung kembali dengan Chelsea pada tahun 2011, dan empat manajer lainnya masuk lima besar (Brendan Rodgers pindah ke Leicester di posisi keempat dan Amorim sendiri ke Sporting di posisi ketiga) antara tahun 2019 dan 2022, semuanya lebih banyak lagi. Baru-baru ini, karena uang dalam sepak bola telah mencapai tingkat yang tinggi.

Namun, hal itu menunjukkan berapa banyak biaya yang dikeluarkan Roman Abramovich, pemilik klub saat itu, untuk mendatangkan manajer muda asal Portugal tersebut, berdasarkan pasar saat itu. Saat itu, Real Madrid menghabiskan rekor £6,8 juta untuk mendatangkan Jose Mourinho, pemenang dua kali Liga Champions, dari Inter Milan.

Keputusan Chelsea untuk mengontrak Villas-Boas tampaknya terkait dengan kesuksesan klub tersebut bersama Mourinho. Villas-Boas memulai karirnya sebagai pelatih muda dan bekerja di bawah asuhan Mourinho sebagai salah satu asistennya di Porto, Chelsea dan Inter Milan.

Setelah itu, ia memulai karir profesionalnya dengan mengelola Academica di Liga Primeira. Saat itu, mereka berada di zona degradasi, namun Villas-Boas memimpin mereka dalam permainan menyerang berbahaya yang menarik perhatian Porto.

Pada tahun 2010, ia menjadi pelatih Porto dan menjalani musim yang indah untuk klub tersebut. Mereka mengawali musim dengan kemenangan di Piala Super Portugal melawan rival beratnya, Benfica.

Di bawah Villas-Boas, Porto memenangkan Liga Primeira 2010/11 tanpa kalah sepanjang musim, dengan keunggulan 21 poin dan hanya 13 gol. Selain itu, tim Porto juga memenangkan Piala Portugal dan Liga Eropa UEFA. Pada usia 33 tahun, ia menjadi manajer termuda yang memenangkan Liga Primeira dan manajer termuda yang memenangkan kompetisi Eropa.

Sebagai pelatih muda asal Portugal di Porto, ia mampu memenangkan piala Eropa dan gelar domestik serta memainkan sepak bola yang menarik tanpa kebobolan banyak gol, jadi perbandingan dengan Mourinho adalah hal yang wajar. Abramovich pun berharap Villas-Boas bisa meraih kesuksesan serupa di Chelsea.

Sayangnya bagi Villas-Boas, dia tidak bertahan lama di Chelsea karena dipecat pada bulan Maret. Manajer sementara Roberto Di Matteo mengambil alih dan membimbing Chelsea meraih kemenangan di Piala FA dan Liga Champions, gelar pertama mereka. Dia juga finis di urutan ke-6 Liga Premier. PSSI memilih AQUA sebagai Air Mineral Resmi Timnas Indonesia. PSSI resmi memilih AQUA murni 100 persen sebagai air mineral resmi timnas Indonesia untuk menunjang ASI para pemainnya. robbanipress.co.id.co.id 3 Juli 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Rekomendasi Warna Sepatu yang Netral dan Cocok untuk Semua Pakaian
Next post Begini Cara Menikmati Sensasi Turbo pada Yamaha NMax Gen 3