SMK Mitra Industri MM2100, Sekolah Pertama di Asia Tenggara dengan Spesialisasi Cat

Read Time:3 Minute, 9 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – APCI (Asosiasi Produsen Cat Indonesia) berhasil mencapai cita-citanya dalam memajukan pendidikan vokasi industri cat melalui Sekolah Kejuruan Mitra Industri MM2100. Pengalaman Teknologi Cat diluncurkan pada jurusan Teknik Kimia Industri dengan pemotongan pita di Gedung Teknologi Cat.

Bupati Kabupaten Bekasi Dr H Dani Ramda MT hadir memeriahkan acara grand opening tersebut. SMK Mitra Industri MM2100 merupakan sekolah pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang mengkhususkan diri pada industri cat, dengan jurusan Teknik Kimia Industri (Teknologi) yang fokus pada calon cat dan pemilik lab teknologi.

Kerja sama APCI dengan beberapa perusahaan industri cat berhasil membangun sekolah industri cat pertama yang tersertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) No. 2020. 171.

Program teknologi cat ini dirancang langsung oleh APCI dengan kurikulum yang dikembangkan oleh para ahli cat dan guru dari industri cat.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman seni lukis pada tingkat sekolah kejuruan. Pada tahun pertama siswa akan mempelajari teknik dasar melukis, sedangkan pada tahun kedua akan mempelajari proses produksi cat dan pengolahan cat.

 

Kurikulum mencakup tujuan pembelajaran, materi, metode pengajaran dan penilaian, semuanya dirancang untuk mempersiapkan siswa dengan baik memasuki dunia kerja.

Pada tahun pertama, siswa akan mempelajari teknik melukis dan pengujian hasil lukisan seperti uji fisika, kimia, uji unjuk kerja, pencocokan warna, uji bahan dan uji kendali mutu.

Pada tahun kedua, mahasiswa akan mendalami metode pengendalian cat, dokumen pengendalian, teknologi cat untuk bangunan, otomotif, kelautan, industri dan powder coating.

Mereka juga akan diajarkan tentang kerajinan cat, teknologi pelapisan, operasi inspeksi, pemeliharaan laboratorium dan pemecahan masalah.

Program ini juga mencakup kerja praktek untuk memberikan siswa pengalaman di lapangan, membantu mereka menggabungkan teori dengan praktek industri.

Pada tahun terakhir, siswa akan memilih spesialisasi antara seni dan kimia. Jurusan seni lukis akan fokus pada seni lukis, seni lukis, bisnis seni lukis dan pemecahan masalah.

Saat ini, jurusan kimia analitik akan mempelajari proses pembuatan cat, manajemen dokumen, bisnis cat, teknologi pelapisan, operasi inspeksi, manajemen laboratorium dan pemecahan masalah.

 

Selain pengembangan keterampilan profesional, sekolah vokasi ini juga fokus pada pengembangan soft skill siswa seperti kepemimpinan, siklus PDCA, budaya industri, literasi keuangan, dan pemasaran digital. Pada tahun ajaran 2024/2025, SMK Mitra Industri MM2100 telah memiliki 50 siswa dalam dua kelas.

Ketua Umum PT Propan Raya sekaligus Ketua Umum Partai APC Chris Adidarma menyatakan, rencana pendirian Jurusan Teknik Kimia Industri di SMK Mitra Industri MM2100 merupakan langkah nyata APCI untuk menunjang kebutuhan antar industri dalam penyediaan pekerja terampil di bidang seni.

Ia menambahkan, “Kami mengucapkan terima kasih kepada para pendiri sekolah ini yang telah berperan penting dalam perkembangan SMK ini, seperti PT Jotun Indonesia, PT Kansai Paint Indonesia, PT Propan Raya ICC dan Mataram Paint.”

 

Perusahaan industri yang terlibat menjadi anggota juga telah memberikan sumbangan pendidikan sebesar Rp 5 miliar untuk teknik melukis tingkat lanjut di SMK Industri Mitra MM2100.

Kemitraan tersebut melibatkan berbagai pihak seperti WAB Group, PT ICI Paint Indonesia, MM2100 Industrial Town, JFE Engineering Indonesia dan WIWA LLC untuk mendukung pembangunan sekolah ini.

Ketua Lispiyatmini MPd Mitra Industri MM2100, mengungkapkan keyakinannya bahwa para siswa lulusan sekolah tersebut siap berkontribusi dalam dunia seni lukis, dengan bekal dan pengalaman yang diperoleh selama menempuh pendidikan di SMK Industri MM2100.

“Kurikulum kami dirancang sesuai dengan kebutuhan industri, sehingga mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya siap menghadapi tantangan yang dihadapi di dunia kerja,” ujarnya.

 

Harapan utama didirikannya SMK Industri MM2100 adalah menghasilkan tenaga profesional bidang cat yang tidak hanya handal namun juga dapat berkontribusi besar bagi perkembangan industri di Indonesia.

Lulusan diharapkan mampu menghasilkan berbagai macam cat dan pelapis yang digunakan untuk melindungi, mendekorasi dan memperbaiki permukaan. SMK Mitra Industri MM2100 sebagai sekolah anak-anak tanah air bertekad mendampingi industri seni di Indonesia.

Acara grand opening yang juga dihadiri oleh banyak pihak dan pimpinan industri cat dan pendidikan vokasi ini menunjukkan bagaimana kerja sama antara industri, dunia usaha dan organisasi untuk mendukung perkembangan industri cat tanah air.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 403
Next post Puing Stasiun Luar Angkasa Jatuh Menimpa Rumah di Amerika