Perangkat Nyamuk Andy Suryansah, Harapan Baru Cegah Demam Berdarah

Read Time:1 Minute, 45 Second

robbanipress.co.id Education – Nyamuk adalah makhluk kecil yang mengganggu ketenangan tidur kita dan menyebarkan penyakit berbahaya seperti malaria, demam berdarah, dan Zika. Perangkap nyamuk adalah solusi tepat untuk melindungi Anda dan keluarga dari nyamuk dan bahaya yang ditimbulkannya.

Hal inilah yang terlintas di benak Andy Suryanza, salah satu peraih SATU Indonesia Awards 2013 saat melihat banyak warga desanya yang terserang demam berdarah. Kelurahan Tubak, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya didorong untuk mengembangkan alat pengusir nyamuk.

Berbekal ilmu yang didapatnya selama kuliah di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dengan fokus di bidang teknik komputer, ia menciptakan sebuah alat yang dapat membantunya dan masyarakat di desanya untuk melepaskan diri dari binatang penghisap darah tersebut. 

Sebelum menciptakan benda yang diinginkannya, ia mengumpulkan banyak bahan seperti lampu dan kawat kasa. Ia mempelajari dengan cermat perilaku dan karakteristik nyamuk. Sasaran utama alat yang dirancangnya adalah nyamuk betina. Pengetahuan tentang ciri-ciri nyamuk jantan diperolehnya melalui berbagai literatur.

Seperti diketahui, nyamuk betina “bertanggung jawab” menghisap darah manusia atau hewan untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya untuk berkembang biak dan bertelur. Hal ini mereka lakukan karena darahnya mengandung protein yang penting untuk perkembangan sel telurnya. Sebaliknya, nyamuk jantan umumnya tidak menghisap darah; Mereka biasanya hanya mengonsumsi nektar bunga sebagai makanannya.

Terakhir, Andy berhasil mengidentifikasi suara unik yang digunakan nyamuk jantan untuk menarik perhatian nyamuk betina. Ia meniru suara nyamuk jantan tersebut pada produk buatannya yang diberi nama “Phale”. Falle memadukan dua teknologi, yakni teknologi ultraviolet (UV) dan audiosonic. 

Secara fisik, drop tersebut terdiri dari rangkaian sumber daya, generator frekuensi audiosonik, rangkaian stringer, dan lampu UV dengan penutup wire mesh dua lapis. Semua bagian ini berfungsi saat terjatuh. Generator frekuensi audiosonik menghasilkan gelombang dengan frekuensi tertentu yang menarik perhatian nyamuk, sedangkan lampu ultraviolet memancarkan sinar ultraviolet yang menarik serangga, termasuk nyamuk.

“Perangkap nyamuk kini menjadi sumber pendapatan. Saya mempekerjakan orang-orang mulai dari pemasok kotak jati hingga perakit peralatan elektronik,” jelas Andy. Sebuah virus mematikan telah muncul di Israel, dengan lebih dari 100 kasus penyakit West Nile di Israel terus menimbulkan korban jiwa, dengan sedikitnya 100 orang terinfeksi dan delapan orang dirawat di rumah sakit dalam perawatan intensif. robbanipress.co.id.co.id 2 Juli 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post PGN Suplai Gas 9,49 BBTUD ke Freeport Indonesia  
Next post Huawei Balik ke Posisi 1 di Pasar Tiongkok Setelah Tiga Tahun, Sempat Jatuh Gara-Gara Amerika