WhatsApp Rilis Fitur Pencarian Pesan Berdasarkan Tanggal, Begini Cara Pakainya

Read Time:2 Minute, 42 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – WhatsApp merilis fitur untuk mencari pesan berdasarkan tanggal. Diluncurkan langsung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg, fitur pencarian pesan berdasarkan tanggal ini akan memudahkan pengguna dalam menemukan percakapan. 

“Pilih tanggal yang diinginkan dan Anda akan langsung melihat semua pesan yang terkirim pada hari itu,” tulis WhatsApp dalam keterangannya, Kamis (29/2/2024). 

Fungsi pencarian pesan berdasarkan tanggal dinilai berguna jika pengguna ingin membaca ulang pesan tertentu atau menentukan kapan pengguna mengirimkan informasi kepada seseorang. 

Fitur ini memudahkan pengguna menelusuri percakapan pribadinya dengan pengguna lain. 

Mengutip pernyataannya, fitur baru WhatsApp, pencarian pesan berdasarkan tanggal, telah diluncurkan secara bertahap untuk perangkat Android dan kini tersedia di iOS, Mac desktop, dan WhatsApp Web. 

Berikut cara mencari pesan WhatsApp berdasarkan tanggal. Klik pada percakapan Ketuk nama kontak atau grup di bagian atas Klik cari untuk membaca pesan pada tanggal yang diinginkan.

Pengguna juga dapat menelusuri percakapan WhatsApp untuk mencari media, tautan, dan dokumen. Termasuk mencari foto tertentu yang pernah dikirimkan ke suatu grup, seperti: Klik percakapan Ketuk tautan atau nama grup di bagian atas Pilih “Tautan media dan dokumen” untuk melihat media, tautan, dan dokumen yang diinginkan.

Sebelumnya, WhatsApp mengumumkan telah menambahkan empat opsi pemformatan teks baru. Dengan cara ini, pengguna program chat dapat lebih mudah mengatur dan menyusun pesan yang ingin mereka kirim.

Ketersediaan fitur baru di WhatsApp ini diumumkan langsung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg melalui akun WhatsApp Channel miliknya. Fitur ini disebut dapat menghemat waktu dan membantu pengguna menjadi lebih produktif saat berkomunikasi.

“Anda melakukannya dengan opsi pemformatan WhatsApp baru kami. lihat pintasannya,” tulis Mark Zuckerberg, dikutip di laman Channelnya.

WhatsApp kali ini memperkenalkan empat fitur pemformatan teks baru: daftar berpoin, daftar bernomor, kutipan blok, dan kode sebaris.

Seperti namanya, daftar berpoin dan bernomor membantu pengguna aplikasi chat ini untuk mengirimkan pesan dalam bentuk poin-poin, baik angka maupun terbitan berkala. Pada saat yang sama, fitur kunci kutipan membantu pengguna menyorot teks tertentu yang diinginkan pengguna.

Terakhir, kode urutan dapat membantu pengguna membedakan informasi spesifik dalam kalimat. Keempat fitur ini melengkapi opsi pemformatan teks yang sudah ada di aplikasi WhatsApp, seperti Bold, Italic, Strikethrough, dan Monospace.

 

Di sisi lain, WhatsApp versi beta terbaru yaitu beta 2.24.4.23 untuk Android menghadirkan pembaruan kosmetik pada tab Status. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat masuk ke WhatsApp.

Pembaruan ini tersedia untuk pengguna WhatsApp Beta yang kini dapat diunduh dari Google Play Store.

Tampilan Status WhatsApp yang diperbarui mencakup antarmuka baru untuk melihat pembaruan status yang berfokus pada akses yang lebih mudah dan navigasi yang lebih menyenangkan dalam aplikasi.

Mengutip Gizchina, Senin (19/2/2024), pembaruan antarmuka WhatsApp ini membawa perubahan signifikan pada tampilan status di WhatsApp.

Desain baru Status membuang tata letak horizontal dan pengenalan gambar profil versi lama dan mengadopsi pendekatan yang lebih intuitif.

Dengan desain status baru, pengguna aplikasi WhatsApp akan dapat melihat pratinjau pembaruan status langsung dari kotak pembaruan status di atas tab pembaruan. Hal ini membuat Status WhatsApp terlihat seperti IG Stories.

Hal ini memungkinkan pengguna melihat konten lebih cepat tanpa membuka update status pengguna satu per satu.

Namun pembaruan WhatsApp masih dalam proses menerima masukan dari pengguna.

Dengan pratinjau jempol. WhatsApp bertujuan untuk menyederhanakan pengalaman pengguna saat melihat status pengguna lain. Mereka juga dapat memutuskan status mana yang ingin mereka lihat secara penuh.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Ada Apa dengan Lolly? Ungkapan Capek dan Keinginan Hidup Tenang Jadi Sorotan
Next post Meski Starlink Hadir di Indonesia, Perhatikan Nasib ISP Lokal