Studio Ghibli Raih Penghargaan Palme d’Or di Cannes Film Festival

Read Time:1 Minute, 22 Second

robbanipress.co.id, JAKARTA – Raksasa animasi Jepang Studio Ghibli meraih Palme d’Or di Festival Film Cannes tahun ini atas kontribusinya terhadap kreativitas genre animasi dengan hits global seperti Spirited Away. Ini adalah pertama kalinya sebuah organisasi menerima penghargaan tersebut, bukan individu.

“Didirikan oleh dua pendongeng yang luar biasa, Hayao Miyazaki dan Isao Takahata, serta banyak tokoh budaya, studio Jepang ini telah memberikan angin segar ke dalam film animasi selama empat dekade terakhir,” kata penyelenggara dalam sebuah pernyataan. Mainichi, Senin (24 Juni 2024)

Hayao Miyazaki dan Isao Takahata mendirikan studio ini pada tahun 1985 setelah kesuksesan Nausicaa of the Valley of the Wind tahun sebelumnya, disutradarai oleh Hayao Miyazaki dan diproduksi oleh Isao Takahata. “Kami mendapatkan penghargaan ini berkat para penggemar di seluruh dunia yang menyukai karya kami,” kata putra sulung Hayao, Goro Miyazaki, di atas panggung di Cannes yang mendapat tepuk tangan meriah dari penonton saat ia menerima penghargaan festival tersebut.

Sementara itu, Hayao muncul dalam pesan video yang diputar selama upacara, mengatakan: “Terima kasih banyak.” Festival ini akan menampilkan empat karya animasi pendek yang ditulis dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki dan diputar di Museum Ghibli di Mitaka, Tokyo barat, termasuk Me and the Baby Cat Bus dan Boro the Caterpillar.

Usai upacara, Goro Miyazaki mengatakan kepada wartawan bahwa Studio Ghibli dikenal di seluruh dunia sebagai tempat ekspresi kreatif. Ia pun mengaku kaget karena film Gibli begitu populer di luar Jepang, sejak layanan streaming seperti Netflix mulai mendistribusikannya pada tahun 2020.

“Kami tidak menyangka film kami akan begitu populer,” kata Gaurav.

FYI, anime terbaru Ghibli, The Boy and the Heron, juga berhasil meraih Oscar untuk Best Animated Feature, penghargaan lain untuk Hayao Miyazaki.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Saksikan FTV Kisah Nyata Sore Spesial di Indosiar, Jumat 5 Juli 2024 Via Live Streaming Pukul 16.00 WIB
Next post Ransomware Brain Chiper Serang Pusat Data Nasional, Kaspersky Berikan Tips Perlindungan