5 Keunggulan Sky Dew Israel, Punya Radar Canggih hingga Hemat Biaya

Read Time:1 Minute, 57 Second

Tel Aviv – Sky Dew Israel adalah salah satu dari beberapa drone modern yang ditembak jatuh oleh drone kamikaze yang diluncurkan oleh pejuang Hizbullah di Lebanon.

Kabar tersebut berasal dari sebuah video yang memperlihatkan Sky Dew terjatuh ke tanah setelah dihantam drone lagi.

IDF sendiri membenarkan bahwa serangan Sky Dew terjadi di persimpangan Golani, sekitar 21 kilometer dari perbatasan Israel-Lebanon meter (sekitar 33 kilometer).

Sky Dew milik Israel telah melakukan patroli udara secara rutin di beberapa daerah, termasuk perbatasan Israel-Lebanon, sejak ketegangan meningkat pada Januari 2024 menyusul pembunuhan seorang pejabat senior Hamas di Beirut.

Israel Aerospace Industries (IAI) adalah sektor yang membantu mengembangkan rudal mata-mata modern. Pengangkut radar Amerika dan produsen balon TCOM dipimpin oleh Departemen Pertahanan dan didanai oleh Departemen Pertahanan AS.

Keunggulan SkyDue Israel 1. Radar canggih

Amerika Serikat mulai mengembangkan rudal pengintaian ini pada tahun 1950an dengan pesawat pembawa radar seperti AWACS.

Karena tidak dapat membeli AWACS yang mahal pada saat itu, Israel memutuskan untuk membeli tiga pesawat Hawkeye yang lebih kecil dan lebih murah untuk Angkatan Udara, yang masih digunakan sampai sekarang.

Namun saat ini, pesawat luar angkasa Sky Dew Israel yang dikembangkan IAI diklaim memiliki radar yang lebih canggih dibandingkan AWACS buatan AS. Pasalnya drone ini memiliki kemampuan deteksi yang lebih baik dan tahan terhadap gangguan.

2. Teknologi yang dikembangkan IAI telah dijual ke negara-negara seperti Italia dan Korea Selatan, masing-masing pesawat berharga US$ 200 juta atau sekitar Rp 3,2 miliar.

Perbedaan teknologi SkyDew dengan drone lainnya adalah biaya per jam terbangnya yang membantu anggaran pertahanan. Itu sebabnya balon mata-mata ini populer.

3. Mampu terbang selama berminggu-minggu Meski tidak bisa mencapai ketinggian tertinggi atau jika jet tempur melewati sasaran seperti Iran, balon ini memiliki keunggulan besar karena dapat tetap diawasi selama berminggu-minggu tanpa perlu mengganti bahan bakar atau awak.

4. Dapat melacak banyak target

Kemampuannya mendeteksi target di ketinggian rendah dan target di lembah penting untuk mendeteksi objek seperti rudal jelajah.

5. Biaya operasional yang rendah Keuntungan utama balon radar dibandingkan pesawat radar adalah biaya pengoperasian. Biaya penerbangan AWACS sekitar 40 ribu dollar AS atau sekitar Rp 60 juta.

Efisiensi biaya ini diperkirakan mencapai 27 juta dollar AS per tahun dengan menggunakan balon radar dibandingkan pesawat terbang.

Itulah beberapa keunggulan Sky Dew Israel. Namun balon ini juga memiliki kekurangan seperti ukurannya yang besar sehingga mudah dikenali oleh musuh.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Prilly Latucosina Ketahuan Pakai LPG 3 Kg Subsidi, Kementerian ESDM: Bukan Hak Orang Kaya
Next post Antrean Suporter Padati SUGBK Jelang Laga Timnas Indonesia vs Vietnam