Top 3 Tekno: Korsel Investasi Rp 112,5 Triliun untuk Chip hingga Harga Huawei Watch Fit 3

Read Time:2 Minute, 44 Second

robbanipress.co.id, Jakarta – Korea Selatan (Korsel) sedang mempersiapkan rencana investasi chip dan penelitian senilai lebih dari 10 triliun dolar AS (sekitar 7 miliar dolar AS) (112,5 triliun rupiah).

Kabar ini menjadi sorotan pembaca kanal Tekno robbanipress.co.id kemarin, Senin 13 Mei 2024.

Kabar hangat lainnya adalah soal harga Huawei Watch Fit 3 dan MateBook X Pro yang akan segera diluncurkan di Indonesia.

Untuk lebih jelasnya simak tiga berita terpopuler di channel Tekno robbanipress.co.id berikut ini.

1. Korea Selatan menyiapkan dana sebesar 112,5 triliun rupiah untuk produksi chip

Korea Selatan sedang mempersiapkan rencana investasi chip dan dukungan penelitian senilai lebih dari 10 triliun won (sekitar 7 miliar dolar AS (112,5 triliun dong)).

Menteri Keuangan Korea Selatan Choi Sang-mok mengatakan investasi ini untuk memenangkan persaingan di industri semikonduktor.

Choi Sang-mok mengatakan pemerintah akan segera mengumumkan rincian rencana investasi yang menargetkan bahan chip, produsen peralatan, dan perusahaan di seluruh rantai pasokan semikonduktor. Demikian dikutip Reuters, Senin (13 Mei 2024).

“Rencana tersebut mungkin mencakup pemberian pinjaman politik dan menyiapkan dana baru yang dibiayai oleh lembaga keuangan negara dan swasta,” kata Choi kepada para eksekutif pembuat chip dalam negeri pada sebuah pertemuan.

Korea Selatan juga membangun klaster chip raksasa di Yongin, di selatan ibu kota Seoul, yang dikatakan sebagai kompleks teknologi tinggi terbesar di dunia.

Baca lebih lanjut di sini

Huawei resmi merilis produk barunya yakni Huawei Watch Fit 3 dan Huawei MateBook X Pro yang rencananya akan dirilis di Indonesia.

Tekno robbanipress.co.id berkesempatan menyaksikan peluncuran produk jam tangan pintar dan laptop di Kuala Lumpur, Malaysia, dan membandingkannya dengan nilai tukar mata uang saat ini.

Manajer pemasaran senior Huawei Kelsen Tan mengatakan Huawei Watch Fit 3 dibanderol dengan harga RM599 dengan tali fluoroelastomer, dan RM699 dengan tali nilon dan tali kulit.

“Ini harga yang kami bayar saat peluncuran,” kata Kelsen, Senin (13 Mei 2024) di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sementara itu, produk komputer notebook Matebook X Pro Huawei dengan prosesor Intel Core Ultra 7, 16GB + 1TB dibanderol dengan harga RM8,999. Jadi, model prosesor Intel Core Ultra 9 32 GB + 2 TB dibanderol RM 10.999.

Mengacu pada nilai tukar mata uang saat ini, RM599 setara dengan sekitar Rp 2 juta, sedangkan RM699 setara dengan Rp 2,3 juta. Sedangkan RM8.999 setara Rp30,5 juta, dan RM10.999 setara Rp37,3 juta.

Mungkin harga Huawei Watch Fit 3 dan Huawei MateBook X Pro di pasar Malaysia tidak akan jauh berbeda dengan di pasar Indonesia.

Baca lebih lanjut di sini

Huawei baru saja meluncurkan jam tangan pintar barunya Watch Fit 3 di Indonesia. Jam tangan pintar ini hadir dengan desain penuh gaya dan fitur yang berkontribusi pada gaya hidup sehat.

Tim Tekno robbanipress.co.id berkesempatan menjajal langsung jam tangan ini, dan berikut kesan pertama kami selama menggunakannya.

Desain Huawei Watch Fit 3 mirip dengan jam tangan pintar merek lain. Meski demikian, jam tangan pintar ini tetap tampil gaya dengan desain kotak-kotak dan bingkai aluminium. Huawei menyebut desain ini “Fashion Squared”, yang menandakan bahwa jam tangan tersebut memiliki desain modern dengan bentuk persegi.

Bezel jam tangan ini memberikan kesan mewah saat digunakan, dan nuansa alumunium juga memberikan kesan mahal.

Meski berbahan alumunium, jam tangan ini tidak terasa berat di pergelangan tangan. Penggunaan material ini juga membuat Huawei Watch Fit 3 terasa kokoh di genggaman.

Baca lebih lanjut di sini

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Antrean Suporter Padati SUGBK Jelang Laga Timnas Indonesia vs Vietnam
Next post Pengajar dan Pelajar Belajar Teknologi Canggih Eksplorasi Laut Indonesia