Peluang Bisnis Kreatif di Indonesia: Menggali Potensi dan Inovasi

Read Time:1 Minute, 45 Second

Jakarta – Indonesia dengan kekayaan budaya dan sumber daya alamnya merupakan lahan subur bagi usaha kreatif. Dari seni tradisional hingga teknologi mutakhir, Indonesia memiliki banyak peluang bagi wirausahawan kreatif untuk mengeksplorasi dan mengembangkannya.

Sektor kerajinan merupakan sektor yang menjanjikan dimana para perajin lokal dapat menghasilkan berbagai produk kreatif seperti kerajinan tenun, ukiran kayu, dan batik yang mampu menggairahkan pasar lokal dan internasional.

Senada dengan Amelia Agustina, pengusaha sukses asal Palankara, ia berbagi pengalamannya bersama MNC Finance dan MotionCredit pada 28 Maret 2024 melalui channel Instagram Live @MNCFinance. Sejak tahun 2019, Amelia merintis usaha penjualan produk anyaman rotan dengan membuka Indang Apang Galeri.

Terinspirasi dari almarhum ayahnya yang sangat gemar membeli dan mengoleksi bahan rotan dari pengrajin, inilah ide dasar mengembangkan usaha berbahan baku rotan.

Galeri Indang Apang Galeri Jalan Indang Apang Jalan Tjilik Riwut Km. 7,5 hari Bethel No. 1. 18 Palangka Raya, menjual produk ransel, tas pinggang, tas kerja, topi, dompet, name tag, sepatu, sandal, gantungan kunci, tikar dan lain-lain dengan harga Rp 30.000 s/d Rp 1.000.000 Dan omzet penjualannya mencapai 200 juta per bulan.

Untuk bahannya, Amelia menggandeng perajin lokal di Provinsi Kalimantan Tengah antara lain Mandomai, Barito, Kaladan, Palangka Raya, dan Pulang Pisau.

Tidak hanya di bidang tradisional, teknologi juga menjadi kunci berkembangnya usaha kreatif di Indonesia. Semakin banyak bermunculan startup teknologi yang fokus pada seni dan desain, seperti platform pemasaran digital atau aplikasi seni digital untuk produk kreatif lokal. Amelia yang telah menerapkan kemajuan teknologi dalam bisnis kreatifnya memahami hal tersebut.

“Kreativitas yang tidak terbatas membuka peluang baru dan menarik bagi pelaku usaha kreatif untuk menerapkan teknologi, terus menghasilkan karya terbaik, mempertahankan eksistensi, dan modal akan datang dengan sendirinya,” kata Amelia.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis dan sukses seperti Amelia, dapatkan pinjaman usaha dari MNC Finance bergaransi BPKB mobil atau kredit rumah melalui aplikasi MotionCredit. Selain pinjaman cepat, MotionCredit menawarkan cashback di MotionPay kepada mereka yang menggunakan fasilitas pembiayaan MNC Finance. Untuk mengetahui berbagai informasi mengenai aplikasi MotionCredit, Anda dapat mendownloadnya sekarang juga di Google Play Store dan App Store atau kunjungi www.motioncredit.id. Atau hubungi 1500 899 ex 7.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Tepis Isu PON 2024 Ditunda, Menpora: Sumut Persiapan Mayoritas Sudah Matang
Next post Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ragnar Oratmangoen: Tebak Aku di Mana